Grand Final, Ini Dia Duta Wisata Sinjai 2024

KABARSINJAI – Grand Final Pemilihan Duta Wisata (Pilduwis) Kabupaten Sinjai Tahun 2024 berlangsung meriah di gedung pertemuan Sinjai, Rabu (29/5/2024) malam. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Sinjai yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Andi Jefrianto Asapa.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Sinjai, Tamzil Binawan menjelaskan bahwa Pilduwis merupakan ajang pencarian bakat talenta muda yang nantinya akan menjadi ambassador dalam mempromosikan pariwisata di Sinjai.

“Beberapa rangkaian kegiatan yang telah diikuti peserta berlangsung selama bulan Mei dan Grand Final di malam ini. Mereka diharapkan agar nantinya memperkenalkan potensi pariwisata di daerah kita,” jelasnya.

Mewakili Pj Bupati, hal senada juga diutarakan Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa. Dirinya berpesan kepada para finalis Duta Wisata Sinjai ini untuk mengekspresikan kreativitasnya demi kemajuan pariwisata di Bumi Panrita Kitta.

“Lewat ajang ini menjadi wadah generasi muda Sinjai yang memiliki wawasan luas, berkepribadian menarik diharapkan mampu mengembangkan aktivitas kepariwisataan yang bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi masyarakat,” pesan Sekda.

Setelah pelaksanaan Malam Grand Final Pilduwis Sinjai 2024 dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan aksi unjuk bakat oleh para finalis yang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan.

Mereka menunjukkan bakat/kemampuannya di hadapan dewan juri, dimana salah satu juri kehormatan di ajang Pilduwis Sinjai tahun ini adalah Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai, Cut Resmiati.

Cut, istri dari Pj Bupati Sinjai ini mengaku takjub dengan penampilan para finalis duta wisata. Ia mengharapkan agar para talenta muda tersebut dapat meningkatkan kreativitasnya untuk berkontribusi terhadap kemajuan wisata lokal.

“Di Sinjai potensi pariwisatanya luar biasa. Jadi mereka-mereka para Duta Wisata ini kita harapkan terus memperkenalkan Sinjai lewat pariwisatanya,” pintanya.

Dari hasil penilaian dewan juri, untuk putra, Aditya dari perwakilan Kecamatan Bulupoddo berhasil dinobatkan sebagai Duta Wisata Sinjai PA 2024.

Sementara untuk putri, perwakilan dari Kecamatan Sinjai Utara, Nadiatul dinobatkan sebagai Duta Wisata Sinjai PI 2024. Keduanya akan menjadi wakil Sinjai dalam ajang Pilduwis Provinsi Sulawesi Selatan tahun ini. (*)