oleh

Gunung Sinabung Erupsi Tinggi Abu Capai 7000 Meter

IBC, KARO – Gunung Sinabung di Kabupaten, Karo Sumatera Utara kembali erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 7000 meter pada Minggu (9/6/2019) pukul 16.28 WIB.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi kurang lebih 9 menit 17 detik,” ujar Petugas Pos Pengamanan Gunung Api Sinabung, Armen Putra dalam keterangan persnya.

Selanjutnya Armen mengatakan akibat dari erupsi ini, terjadi awan panas dan suara gemuruh di wilayah Gunung Sinabung.

“Terjadi awan panas ke arah tenggara 3,5 km dan ke selatan 3 km serta terdengar suara gemuruh sampai ke pos pengamatan Gunung Api Sinabung,” katanya.

Baca juga 

Dirinya mengimbau kepada masyarakat apabila terjadi hujan abu agar memakai masker untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Selain itu warga juga diminta mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

“Untuk masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” imbau Armen.

Penulis : Apang

Editor : YES

Berita ini telah tayang di Situs Berita INDONESIA BERITA

Komentar Facebook
loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed