oleh

Hadiri Seminar Kopi Indonesia, Ini Kata Asisten II Pemkab Sinjai

KABARSINJAI.COM, MAKASSAR, – Seminar Kopi Indonesia digelar Pemerintah Provinsi Sulsel bekerjasama Kementerian Perindustrian Republik Indonesia berlangsung di Ballroom Sandeq B Hotel Clarion Makassar, Senin (15/10/2018).

Kegiatan ini dihadiri seluruh perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Selatan. Khusus Kabupaten Sinjai dihadiri Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, dr. Hj. Nikmat B. Situru, M. Ap.

Baca Juga: Wakil Ketua DPD KNPI Sinjai Sebut SK Tuan Rumah Bersama Porprov 2022 Cederai Budaya Bugis Makassar

Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, saat membuka seminar kopi ini mengungkapkan, Indonesia yang beriklim tropis memiliki banyak jenis kopi spesiality dan khas yang tidak dimiliki oleh negara lain, olehnya itu program pembinaan dan pengembangan industri kopi sangatlah dibutuhkan dengan memberikan stimulan berupa fasilitasi sertifikasi, mesin peralatan, serta kemasan yang menarik.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsel A. Sudiman Sulaiman menuturkan, melalui Seminar Kopi ini Ia mengharapkan peserta seminar dapat mengimplementasikan, mensosialisasikan dan mempublikasikan hasil-hasil produk kopi Arabika dan Robusta Indonesia yang telah dicapai khususnya dalam kurun waktu 1 (satu) tahun terakhir ini.

Tujuannya, kata Dia, agar masyarakat dapat memahami makna Seminar Kopi nasional tersebut dan memotifasi lebih berperan lagi dalam proses pengembangan perkopian Indonesia kedepan.

Terpisah, Nikmat B Situru mengatakan, kegiatan ini sangatlah penting sebab seminar ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang kopi dan peluang-peluang ekspor dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani.

Baca Juga: Cegah Penyalahgunaan ADD, Wabup Sinjai Minta Kades Ajukan Pendampingan TP4D

“Seminar ini membawa angin segar bagi kita Kabupaten penghasil kopi bahwa pemerintah pusat dan propinsi siap memfasilitasi segala sektor untuk meningkatkan produksi, kualitas maupun indikasi geografis dari produk lokal kita,” ungkap Nikmat B Situru yang juga Plt Disperindag dan ESDM Sinjai.

Seminar Kopi Indonesia, yang mengangkat tema “Internatioal Coffee Day”, ini turut dihadiri Perwakilan Kedubes Belanda, Mr. Louis Beijer Agriculture Counsellor, Ketua Umum Dewan Kopi Indonesia Dr. Ir. Anton Apriyono, Wakil Ketua Umum Assosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia, Pranoto Sunarto serta para pelaku usaha kopi. (Hms)

Editor/Irawan.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU