Harga Telur dan Daging Ayam Melonjak Jelang Ramadan, Pj Bupati Langsung Sidak Pasar Sentral Sinjai

KABARSINJAI –┬áHarga sejumlah kebutuhan pokok di Kabupaten Sinjai mengalami kenaikan jelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah. Terutama di pasar sentral Sinjai. Kenaikan harga kebutuhan pokok beragam mulai dari Rp1.000,- sampai Rp10.000,-.

Yang paling signifikan adalah harga telur ayam ras yang biasanya di banderol Rp55.000,- ribu per rak, kini dibanderol dengan harga Rp58.000,- per raknya.

Selain itu, daging ayam juga mengalami kenaikan harga dari Rp30.000,- per kilogram, menjadi Rp36.000,- per kilogram.

“Sudah beberapa hari ini harganya terus melonjak. Penyebabnya permintaan tinggi apalagi jelang bulan suci Ramadan, tingkat konsumsi masyarakat meningkat karena mau dimasak untuk menu sahur pertama,” ungkap Jumiati salah seorang pedagang ayam potong, Senin (11/3).

Pj Bupati Sinjai Sidak Pasar Sentral

Penjabat (Pj) Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah melakukan pemantauan harga bahan pokok di Pasar Sentral bagian atas, Senin (11/03) pagi.

Saat melakukan pemantauan, T.R begitu sapaan akrabnya membeberkan harga sejumlah bahan pokok naik, namun masih relatif normal sebab momen puasa pertama.

T.R mengambil contoh harga beras premium yang naik dari Rp13.000,- ribu per kilogram menjadi Rp15.000,- per kilogramnya. Komoditi Bawang putih juga mengalami kenaikan harga, dimana sebelumnya dijual dengan kisaran harga Rp35.000,- per kilogram, kini dijual dengan harga Rp45.000,- per kilogram.

“Kita akan mengambil langkah-langkah untuk harga yang mengalami kenaikan. Nanti saya akan komunikasikan dengan pak Kadis Perdagangan untuk ke depannya bisa kita lakukan intervensi harga,” jelasnya.

Diantaranya bahan pokok yang mengalami kenaikan harga, tomat justru mengalami penurunan harga dari Rp25.000,- per kilogram, kini dijual dengan seharga Rp10.000,- per kilogram.

“Tomat malah terjadi penurunan, karena memang sekarang lagi musim panen dan pasokannya melimpah,” lanjut T.R.

Kemudian, komoditi lainnya seperti cabai rawit, cabai besar dan cabai kriting masih normal di harga Rp40.000- per kilogram. Termasuk bawang merah yang harganya masih di angka Rp35.000,- per kilogram.

Selanjutnya harga kebutuhan pokok sehari-hari yang ada di Pasar Sentral, diantaranya gula pasir Rp14.000,- per liter, minyak goreng kemasan 1 liter Rp17.000,- , dan daging Rp120.000,- per kilogram.

Saat melakukan sidak harga kebutuhan pokok, T.R didampingi Dandim 1424 Sinjai Letkol Arm Dian Akhmad Arifandi, Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Lantamal VI Makassar Letkol Laut (P) Agus Tri Ariyanto.

Hadir pula Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai Cut Resmiati, para perwakilan Forkopimda, serta beberapa kepala organisasi perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai. (ADV)