oleh

Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Sinjai Jadi Irup Pertama kalinya Pasca Dilantik

KABARSINJAI.COM, SINJAI, – Bupati Sinjai, A. Seto Gadhista Asapa SH, LLM bertindak selaku Inspektur Upacara memimpin Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Senin (1/10/18) di Halaman Kantor Bupati Sinjai.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dilaksanakan untuk mengenang sejarah tragedi gugurnya putra-putra terbaik bangsa akibat dalam pemberontakan G30S/PKI pada tahun 1965 yag merupakan bentuk penyelewengan PKI terhadap pemerintahan RI dalam mempertahankan ideologi Pancasila sebagai falsafah Bangsa Indonesia.

Perstiwa paling fenomenal ini berupa penculikan petinggi Angkatan Darat hingga berakhir pembunuhan dengan kejam di Lubang Buaya. Fakta sejarah tidak bisa terbantahkan, bahwa PKI memang berniat merebut kekuasaan secara politik dengan mengorbankan banyak jiwa. Meskipun kemungkinan mereka telah mendoktrin bahwa tindakannya untuk menyelamatkan negara menurut versi mereka.

Baca Juga: Atlet Berprestasi Sinjai di Porda Pinrang Terima Bonus

Upacara yang berlangsung khidmat ini, diisi dengan pembacaan ikrar kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai – nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dibacakan oleh Ketua DPRD Sinjai Abdul Haris Umar.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “PANCASILA SEBAGAI LANDASAN KERJA MENCAPAI PRESTASI BANGSA” ini untuk mengenang tragedi nasional akibat pengkhianatan terhadap Pancasila ini dimaksudkan sebagai momentum untuk lebih merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Anggota Forkopimda Sinjai, Sekda Sinjai, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta para pimpinan OPD Lingkup Pemkab Sinjai. Adapun peserta Upacara yakni Seluruh Jajaran PNS Lingkup Pemkab Sinjai. (*)

Editor/Riswan.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU