Hari Pahlawan ke-78, Pj Bupati dan Forkompinda Sinjai Tabur Bunga di TMP Mangottong

KABARSINJAI – Upacara ziarah nasional berlangsung khidmat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Mangottong, di Desa Saukang, Kecamatan Sinjai Timur, atau tepatnya di poros Sinjai – Bulukumba, Jumat (10/11).

Pelaksanaan ziarah nasional, ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional ke-78 tahun 2023. Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai setiap tahun tepat pada tanggal 10 November.

Upacara ziarah nasional ditandai dengan peletakan karangan bunga di tugu TMP Mangottong, kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga oleh Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah, yang bertindak selaku inspektur upacara.

Hadir pula Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin Forkopimda Sinjai, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, serta dihadiri para camat serta pengurus KNPI Sinjai.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Sinjai, Andi Muhammad Idnan mengatakan, ziarah nasional merupakan acara puncak dari peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-78 di Kabupaten Sinjai.

Tujuannya, untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam merebut kemerdekaan. Kegiatan ini juga menjadi momentum untuk mengingat kembali sejarah di masa lampau.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Andi Jefrianto Asapa, berharap Ziarah Nasional menjadi momentum untuk membangkitkan semangat nasionalisme kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita harus mampu tetap tegar dengan mengingat kembali jasa-jasa pahlawan yang sudah merebut kemerdekaan dan tugas kita untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan itu,” harapnya.

Sekadar diketahui selain ziarah nasional, jajaran Pemkab Sinjai bersama Forkopimda Sinjai sebelumnya juga menggelar upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Sinjai di Tanassang, Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara. (*)