oleh

Hari Sumpah Pemuda di Sinjai Dipimpin Bupati ASA

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai dengan menggelar upacara di Halaman Kantor Bupati Sinjai, Jumat (28/10/2022).

Pada upacara yang berlangsung dengan hikmad itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) bertindak sebagai pembina upacara.

Dalam sambutannya, Bupati ASA membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI menyampaikan bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:
Digelar Tanpa Penonton, Tim Sepak Bola Sinjai Vs Parepare Berakhir Skor Kacamata

Emas Bertambah dari Cabor Atletik, Tuan Rumah Sinjai Peringkat Tiga Sementara

“Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang. Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa,” jelasnya.

Masih dalam sambutannya, apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya.

Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

BACA JUGA:
Kenshi Sinjai Pastikan Satu Tiket Semifinal Randori Kelas 40 Kg

Mengenal Pesilat Cantik Sinjai, Sang Peraih Medali Emas Porprov 2022

“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,” ujarnya.

Upacara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Hj. A. Kartini Ottong, Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, para pimpinan Forkopimda Sinjai, Pelaksana Harian Sekda Sinjai A. Jefrianto Asapa, para Asisten, Staf Ahli Bupati dan Kepala OPD Lingkup Pemkab Sinjai.

Adapun peserta upacara terdiri dari perwakilan organisasi pemuda yang ada di Sinjai, para Pelajar, ASN, personil Polres Sinjai dan Kodim 1424 Sinjai. (HMS)

Komentar Facebook