Harkitnas ke 116, Pj Bupati Sinjai: Bangkit Untuk Indonesia Emas

KABARSINJAI – Tahun ini, Bangsa Indonesia kembali memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 116.

Di Kabupaten Sinjai, Harkitnas yang diperingati setia tanggal 20 Mei ini ditandai dengan upacara bendera.

Upacara tersebut digelar di Halaman Kantor Bupati Sinjai, Senin (20/05/2024) pagi dan bertindak selaku Inspektur upacara (Irup), Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah.

Di hadapan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Sinjai, Pj Bupati Sinjai membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

Baca juga: Selamat! Inilah Wajah Pemenang Hadiah Umrah Jalan Sehat Hardiknas 2024 di Sinjai

Dia menyampaikan bahwa dengan tema Harkitnas Tahun ini “Bangkit untuk Indonesia Emas”. diharapkan¬† dapat membawa nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju Indonesia Emas

Dalam sambutannya dijelaskan tentang sejarah hari kebangkitan nasional. Dikatakan lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang dimasa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Menurutnya, Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini.

“Saat ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa”, Sebutnya.

Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru

Kemudian Kebangkitan kedua ini merupakan momen penting hari ini. Bangsa Indonesia harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata.

“Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa. Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”. Sambung Pj Bupati Sinjai dalam sambutan yang dibacakannya.

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tersebut sekaligus dirangkaikan dengan upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN).

Baca juga: Sukses Gelar Jalan Sehat, Kadisdik Sinjai: Terimakasih Seluruh Masyarakat Atas Partisipasinya

Upacara Harkitnas dan HKN ini turut diikuti para Forkompinda, Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, Kepala Rutan Kelas II B Sinjai,  dan juga diikuti para Pejabat Pemkab Sinjai.

Usai upacara, Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah bersama Forkopimda dan Sekda Sinjai melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Mangottong, Kecamatan Sinjai Timur. (**)