oleh

Hasilkan Produk Berkualitas, Pelaku IKM Sentra Industri di Sinjai Bakal Dilatih

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang telah direkrut akan diberikan pelatihan dan pendampingan. Hal itu dilakukan sebelum dua sentra industri yang Pembangunannya selesai ini difungsikan.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Sinjai, Muh. Saleh, menuturkan bahwa seluruh IKM yang terlibat baik di Sentra Industri Hasil Peternakan di Sinjai Selatan dan Sentra Industri Logam di Bulupoddo akan dibekali pelatihan di awal tahun ini.

Ini penting, menurut Saleh sebab sekarang para IKM dituntut harus kreatif agar bisa terus bersaing jika ingin usaha tetap eksis serta diharapkan mampu mengikuti perkembangan zaman khususnya dalam pemanfaatan alat produksi yang sudah modern.

“Sebelumnya mereka menggunakan alat manual dalam memproduksi, di rumah produksi yang ada di sentra industri kita sudah siapkan alat yang modern dan serba mesin sehingga kita lakukan pendampingan terlebih dahulu,” katanya, Selasa (11/1/2022)

Baca juga: Kepedulian Bupati ASA Bagi Pegawai Non ASN yang Wajib Anda Tahu

Selain itu, pihaknya juga akan bekerjasama dengan BPOM untuk mendapatkan izin kelayakan dari rumah produksi sehingga tidak ada hambatan nantinya pada saat pemasaran.

Terkait hal ini, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menyampaikan bahwa pemerintah daerah terus berusaha agar bagaimana para pelaku usaha dan industri bisa mengahasilkan produk yang bagus dan siap bersaing dimana pun.

Baca juga: Komisi 1 DPRD Hadirkan Kadisdik Sinjai, Bahas Permintaan Kartu Vaksin Orang Tua Siswa Syarat PTM

Untuk itulah, kata ASA, salah satu cara yang ditempuh pihaknya untuk membantu para pelaku IKM maupun pelaku UMKM lainnnya ialah melalui pelatihan dan pendampingan.

“Melalui pembinaan terlebih dahulu, kita punya harapan pelaku IKM di Sentra Industri nanti dapat meningkatkan daya saing dan menaikkan kelas dari usahanya. Hal ini dikarenakan teknologi dan SDM merupakan dua komponen penting yang harus disinergikan sehingga menghasilkan produk berkualitas,” tambahnya. (And)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU