oleh

Hebat, Inovasi “Laki Keren dari Desa dan Pelangi Warga” Disdukcapil Sinjai Masuk Finalis 10 Besar Governor Awards For Innovation 2019

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sinjai patut diparesiasi dalam hal layanan publik.

Pasalnya dua inovasi unggulannya, “Laki Keren dari Desa dan Pelangi Warga”, masuk finalis 10 Besar Governor Awards For Innovation (Gafi) Tahun 2019.

Keberhasilan ini setelah melalui penilaian oleh tim juri yang diikuti oleh semua Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan (SulSel).

Selain itu juga merupakan hasil tindak lanjut dari Pekan Inovasi Daerah (PID) yang digelar oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbanda) SulSel pada bulan Agustus lalu.

Kini semua Kabupaten/ kota yang masuk finalis 10 besar diundang untuk mempresentasikan inovasi daerahnya masing-masing yang akan dilaksanakan, Jumat (20/09) pekan ini di Hotel Grand Asia, Jalan Boulevar No 10 Masale, Kecamatan Panakukang, Kota Makassar.

Kedua inovasi unggulan Disdukcapil Sinjai yang masuk Gafi rencananya akan dipresentasikan langsung oleh Wakil Bupati Sinjai, Andi Hj. Kartini Ottong.

“Inshaa Allah, jika tidak ada halangan, inovasi ini akan diprestasikan oleh Wakil Bupati Sinjai didampingi oleh Kadisdukcapil Sinjai, Drs. Akmal dan Kepala Balitbanda Sinjai, Lukman Fattah”, Ungkap Kepala Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Disdukcapil Sinjai, Fahri.

Lihat juga: Disetujui Dewan, Segini Nilai Perubahan APBD Tahun 2019 Pemkab Sinjai

Dia menjelaskan inovasi layanan publik ‘Laki Keren Dari Desa’ merupakan Layanan Akta Kelahiran Penduduk dari desa ke desa dan ‘Pelangi Warga’ yakni pelayanan keliling sambangi warga.

“Jadi keunggulan inovasi ini menyambangi warga dengan sasaran penduduk lansia, penyandang disabilitas cacat fisik/mental, penduduk rentan dan layanan kesehatan”, Terangnya.

Begitupun ketika adanya laporan masyarakat, dengan sigap dan siap, petugas Disdukcapil langsung turun menyambangi warga yang membutuhkan dokumen kependudukan, kapan dan dimanapun itu tampa mengenal waktu, bahkan hingga diplosok desa.

“Yang pasti bahwa program inovasi ini dilaksanakan untuk mewujudkan Disdukcapil Sinjai “Go Digital”, Pungkasnya.

Selain Sinjai, Kabupaten/Kota lain yang masuk finalis Gafi Tahun 2019 yakni Kabupaten Soppeng, Kota Makassar, Maros, Takalar, Jeneponto, Pare-Pare, Pinrang,   Palopo dan Kabupaten Pinrang. (clk)

Editor / Bahar

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU