oleh

Hebat, “Pelangi Warga” Disdukcapil Sinjai Menuju Top 30 Inovasi Pelayanan Publik

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Inovasi “Pelangi Warga” Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (SulSel) patut diajungi cempol.

Pasalnya tahun ini kembali masuk dalam penilaian Presentase dan wawancara menuju Top 30 kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi (KIPP) Tahun 2020.

Penilaian presentase dan Wawancara ini dilakukan oleh Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Provinsi SulSel, 13 – 15 November 2019 bertempat di Hotel Grand Imawan Makassar.

Dalam pelaksanaannya, Inovasi “Pelangi Warga” yang merupakan pelayanan keliling sambangi warga ini dipresentasekan oleh Kepala Bidang Inovasi dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Sinjai, Uzlifah Andi Nanggung. S. STP didampingi Kepala Seksi Pemanfaatan Data, Fahri. S.Kom. MM.

“Alhamdulillah, kita kembali masuk dalam penilaian presentase dan wawancara menuju Top 30 KIPP 2020, semoga berhasil”, Kata Fahri, Jumat (15/11) kepada media ini.

Dijelaskan, Inovasi “Pelangi Warga” Disdukcapil Sinjai ini sudah ada sejak tahun 2016 hingga sekarang dengan tujuan utamanya menyisir masyarakat sinjai yang belum memiliki dokumen kependudukan khususnya KTP-el.

Secara teknis, petugas Disdukcapil melakukan coklit dan pemutakhiran data untuk menyisir warga yang belum memiliki dokumen kependudukan setelah itu petugas langsung turun dilapangan sampai dipelosok untuk melakukan pendataan dan perekaman langsung ditempat.

“Jadi keunggulan inovasi ini menyambangi warga dengan sasaran penduduk lansia, penyandang disabilitas, cacat fisik/mental, penduduk rentan dan layanan kesehatan, termasuk layanan ke sekolah-sekolah bagi siswa umur 17 tahun 1 hari”, Sambung Fahri.

Dengan Inovasi ini capaian kepemilikan KTP-el di Sinjai sangat drastis hingga mencapai angka 99,68 persen sesaui dengan data base kependudukan. (clk)

Editor / Bahad

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU