Heboh Warga Digigit Anjing Liar, Ini Langkah Dinas Peternakan Sinjai

KABARSINJAI – Peristiwa warga digigit Anjing liar di Kabupaten Sinjai menghebohkan jagat Maya. Bahkan, peristiwa ini cepat tersebar melalui mulut ke mulut warga kecamatan Sinjai Utara.

Pada Senin (4/9), sebanyak empat warga dikabarkan digigit Anjing liar. Peristiwa itu terjadi di Jalan KH. Muh Tahir, Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara serta di Kelurahan Bongki (Mattumpu).

Kendati demikian, keempat warga kini telah ditangani pihak medis dari Puskesmas Balangnipa setelah peristiwa itu terjadi.

Menanggapi hal itu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai memastikan empat warga Kecamatan Sinjai Utara yang digigit anjing liar telah mendapat penanganan serius. Bahkan mereka telah mendapat suntikan vaksin anti-rabies (VAR).

BACA JUGA: DPMPTSP Sinjai Sebut Nilai Investasi Capai Rp199 Miliar

“Kalau ada kasus gigitan itu segera dilakukan vaksin dan untuk korban sendiri sudah ditangani semua. Mereka telah divaksin,” ungkap Kepala DPKH Sinjai, H. Burhanudin, Selasa, (5/9/2023).

Sementara untuk anjing liar tersebut, Burhanudin mengaku pihaknya tengah melakukan pencarian. Pasalnya, anjing itu harus ditangkap untuk memastikan apakah positif atau negatif rabies.

“Kalau anjing liar yang sudah menggigit dipastikan harus bisa ditangkap kalau bisa di dapat supaya bisa diambil sampelnya dan dikirim ke Balai Besar Veteriner Maros membuktikan apakah positif atau negatif rabies. Kami sementara melakukan pencairan terhadap anjing yang telah mengigit karena telah di identifikasi lokasi dan tempatnya,” jelasnya.

Disisi lain, Burhanudin menyebut penanganan hewan harus mengacu pada regulasi undang-undang, sebab kata dia, tidak boleh lagi asal melakukan pembasmian anjing liar karena ada undang-undang yang mengatur. “Sebenarnya sudah ada undangan-undangnya yang melarang kita untuk melakukan peracunan,” katanya.

BACA JUGA: Wow, Meski PKB Hengkang Tapi Elektabilitas Prabowo Tidak Berpengaruh

Kendati pihaknya berharap kepada masyarakat yang memiliki anjing untuk sedapat mungkin bisa di vaksin.