Hingga Juli 2019, Gerai Perizinan Perikanan Sinjai Terbitkan 675 Izin

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pasca di Launching oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa pada Desember 2018 lalu, gerai administrasi perizinan sektor kelautan dan perikanan di Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Lappa, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara hingga Juli 2019 telah menerbitkan 675 izin.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sinjai Andi Adeha Syamsuri, menjelaskan, program yang tertuang dalam program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sinjai ini telah terealisasi.

Dengan terealisasinya program tersebut, para pengusaha ungkapnya, di sektor perikanan dan kelautan tidak lagi repot ke kota Makassar untuk mendapatkan perizinan.

“Masyarakat Sinjai tak lagi ke Makassar untuk mendapatkan izin administrasi karena surat izin pengusaha ikan, penangkapan ikan, yang sebelumnya kewenangan provinsi, sudah bisa didapatkan di Sinjai,” ungkap Adeha saat ditemui diruang kerjanya, Senin (29/7/2019)

Foto Kadis PTSP di Gerai Perikanan Sinjai.

Untuk mempermudah dan mempersingkat pengurusan izin, DPM-PTSP Sinjai juga menggandeng aplikasi perizinan secara elektronik dan online seperti Sistem Informasi Izin Kapal Daerah (SIMKADA) dari Aplikasi Kementerian Kalautan dan Perikanan, Aplikasi Sistem Informasi Managemen Administasi perizinan (SIMAKS) dari DPMPTSP Provinsi Sulsel, dan Aplikasi Sistem Informasi pelayanan Managemen Admistrasi Perizinan (SIMPELMI) dari DPMPTSP Sinjai.

Sementara itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa menuturkan, gerai perizinan ini bertujuan untuk mendukung kemudahan dan percepatan dalam pelayanan perizinan berusaha yang terkait dengan sektor kelautan dan perikanan di wilayah kabupaten. Sinjai.

Seperti, Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP), Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI), dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI).

Ini berdasarkan MoU antara Guberbur Sulawesi Selatan dengan Pemkab Sinjai guna untuk mempermudah dan percepatan dalam pelayanan perizinan berusaha bagi masyarakat nelayan yang ada di Sinjai,” kata Andi Seto.

Dari total 675 izin yang dikeluarkan dengan rincian, SIUP: 51, SIPI: 569, SIKPI: 44, BPKP: 11. Ratusan izin tersebut total PAD periode Januari hingga Juli sebanyak Rp 249.740.000. (Adi)

Editor/Andis