oleh

Hore, Nelayan di Sinjai Bakal Terima Bantuan dari Bupati ASA

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Bantuan di sektor perikanan kembali akan digulirkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai di kepemimpinan Andi Seto Asapa (ASA) tahun ini.

Kabar baik ini disampaikan Kepala Dinas Perikanan Sinjai, H Haris Achmad, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (14/1/2022)

Bantuan yang diperuntukkan bagi kelompok nelayan maupun kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di beberapa kecamatan ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Alhamdulillah berkat perjuangan pak Bupati, ada bantuan untuk nelayan kita di Sinjai,” ungkap H Ade sapaan akrabnya.

Baca juga: Tak Hanya Melanjutkan, Bupati ASA Tambah Kuota Tahfiz Qur’an Menjadi 30 Orang

Mantan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setdakab Sinjai itu, menjelaskan lebih jauh bantuan yang akan diserahkan tahun ini, diantaranya bantuan benih ikan air tawar sebanyak 50.000 ekor dengan sasaran Pokdakan di Kecamatan Bulupoddo dan Sinjai Tengah.

“Sasarannya adalah Pokdakan yang baru terbentuk. Karena tahun lalu ada 2 kecamatan yang belum dapat, yaitu Bulupoddo dan Sinjai Tengah. Insya Allah tahun ini kita prioritaskan di dua kecamatan itu,” tambahnya.

Selanjutnya, yakni program pemberian subsidi premium untuk asuransi nelayan yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, dimana sasarannya sekitar 500 nelayan disubsidi dengan besaran Rp10.000/nelayan dalam sebulan.

Baca juga: Ngeri, Mayat Wanita Ditemukan dengan Kondisi Leher Tergorok

Kemudian, program perikanan tangkap, bantuan kelompok, sampan dibawah 5 GT, perahu diatas 5 GT, kemudian ada alat keselamatan dan alat tangkap seperti jaring yang diserahkan setiap tahunnya kepada nelayan.

Sementara, Bupati ASA menegaskan agar program tersebut diprioritaskan bagi kelompok yang belum pernah menerima bantuan, sehingga semua kalangan dapat merasakan manfaat dari program Pemkab Sinjai.

“Semua kelompok yang akan diberikan bantuan diutamakan yang belum dapat pada tahun sebelumnya, sehingga bisa tepat sasaran dan manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat, khususnya yang bergelut di dunia perikanan,” pungkasnya. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU