Indonesia Satu-satunya di Asia Tenggara Lolos Rounde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

KABARSINJAI – Timnas Indonesia memastikan satu tiket rounde 3 Kualifikasi piala dunia tahun 2026. Raihan ini untuk pertama kalinya berhasil lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Itu setelah memastikan kemenangan 2-0 atas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa 11 Juni 2024.

Gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh Thom Haye dan Rizky Ridho. Tambahan tiga poin ini membuat Timnas Indonesia mengoleksi total 10 poin dari enam pertandingan di grup F.

Itu membuat Skuad Garuda mengamankan status sebagai runner up grup F. Dengan kemenangan itu, Timnas Indonesia akan menemani Timnas Irak untuk lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di saat Indonesia mencetak sejarah, para negara Asia Tenggara lainnya harus menangis. Thailand, Malaysia, dan Vietnam tidak bisa mengikuti jejak skuad Garuda.

Raihan ini sekaligus menjadikan Timnas Indonesia satu-satunya negara di Asia Tenggara yang lolos Rounde 3 kualifikasi piala Dunia zona Asia.

Thailand dipastikan gagal lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus tak bisa lolos langsung ke putaran final Piala Asia 2027.

Thailand dipastikan finis di peringkat ketiga Grup C babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Thailand sebenarnya memiliki poin yang sama dengan China yang finis di posisi runner up Grup C dengan sama-sama mengemas delapan poin.

Namun Thailand kalah dalam head to head melawan China. Di pertemuan pertama, Thailand kalah 1-2 dari China. Lalu di leg kedua, Thailand main imbang 1-1 lawan China.

Hal serupa juga dialami Malaysia. Mereka memang berhasil mengalahkan Taiwan 3-1 pada laga terakhir mereka di Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di Kuala Lumpur hari ini.

Namun, kemenangan itu tidak cukup lantaran Malaysia kalah jauh dalam hal selisih gol, yakni (0) berbanding +6 milik Kirgistan.

Malaysia baru akan lolos jika Kirgistan kalah selisih tujuh gol dari Oman pada tengah malam WIB ini, sesuatu yang boleh dibilang hampir mustahil.

Sementara itu, Vietnam otomatis gagal melaju ke putaran ketiga seiring keberhasilan Timnas Indonesia melibas Filipina. Apapun hasil yang didapat melawan Irak, Vietnam tidak akan menyamai poin Indonesia. (Viva)

Komentar