Ingin Gunakan Hak Suaranya Dihari Pencoblosan, Pemilih Pemula di Sinjai Ramai-ramai Rekam E-KTP

KABARSINJAI – Pemilih pemula di Kabupaten Sinjai yang notabene pelajar SMA sederajat menyambut baik pelayanan perekaman E-KTP oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sinjai di momen libur panjang.

Apalagi menjelang hari pencoblosan atau hari pelaksanaan pemungutan suara Pemilu serentak 2024, pada Rabu 14 Februari mendatang.

Selama 3 hari belakangan ini selama momen libur panjang, para pelajar di Kabupaten Sinjai ramai-ramai mendatangi ruang pelayanan Disdukcapil Sinjai di Kantor Gabungan Dinas Jalan Persatuan Raya Sinjai.

Mereka sepenuhnya ingin melakukan perekaman E-KTP agar dapat menyalurkan hak suaranya pada hari pencoblosan nanti, dimana E-KTP menjadi syarat wajib untuk memberikan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Muhammad Ferdiansyah salah satunya, mengaku menyambut baik pelayanan tersebut. Kini, dirinya telah bisa menyalurkan hak suaranya di Pemilu 2024.

Menurut Ferdiansyah, momen pencoblosan tahun ini adalah yang pertama kalinya, sehingga ia menegaskan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk menyumbangkan suaranya dalam menentukan pemimpin di masa depan.

“Senang sekali saya sudah punya E-KTP, saya juga sudah bisa mencoblos untuk pertama kalinya, ikut memilih pemimpin masa depan bangsa ini. Terima kasih kepada Disdukcapil Sinjai yang telah memfasilitasi kami meski harus membuka pelayanan dihari libur panjang,” pungkasnya, Sabtu (10/2).

Senada diungkapkan Arika Putri, bahwa fasilitasi perekaman E-KTP sangat membantu untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi.

“Ini yang pertama kali, saya berharap hak suara saya nanti memberikan kontribusi positif terhadap masa depan bangsa kita ini,” harapnya.

Diberi sebelumnya, Disdukcapil Sinjai tetap membuka pelayanan selama momen libur panjang, bahkan dihari pencoblosan pelayanan tetap akan dibuka.

Selain perekaman dan pencetakan E-KTP, juga akan dilaksanakan pengaktifan aplikasi identitas kependudukan digital (IKD) atau aktivitas, sebagai opsi pengganti KTP fisik. (AC)