Ini Alasan Sekkab Sinjai Pilih Baznas Barru Sebagai Tempat Studi Komparatif

KABARSINJAI.COM, Barru – Tim Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sinjai melakukan study banding ke Baznas Kabupaten Barru, Selasa (23/07) kemarin.

Dalam kunjungannya, mereka diterima oleh Staf Ahli Bupati Barru Bidang Pemerintahan, Kepala Kantor Kementerian Agama Barru, Safaruddin dan para pengurus BAZNAS Barru.

“Ini adalah bagian dari studi komparatif Pemkab Sinjai untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dan sistem yang digunakan Pemkab Barru terkait Badan Amil Zakat (BAZ) “, Kata Sekkab Sinjai, Drs. Akbar yang memimpin Tim Baznas Sinjai.

Apalagi saat ini, Pemkab Sinjai tengah menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda):pra pembahasan tentang Pengelolaan BAZ.

Baca juga : Kata Bupati Sinjai di Peringatan Hari Anak Nasional

Satu hal mendasar yang disampaikan Akbar bahwa terpilihnya Kabupaten Barru sebagai daerah tujuan studi komparatif mengenai pengelolaan BAZ karena salah satu daerah yang diakui secara Nasional.

Bahkan Barru boleh dikatakan sebagai kabupaten yang sudah sukses mengelola zakat. “Nah inilah yang kemudian memotivasi Pemkab Sinjai untuk datang ‘berguru’. Apalagi diketahui atas keberhasilan pengelolaan BAZnya alhasil mendapatkan penghargaan Award tentang pengelolaan dan pendistribusian zakat terbaik di Indonesia,” katanya.

Senada dengan Sekda Sinjai, Asisten II bidang Ekonomi Pembangunan, Dr. Hj. Nikmat B Situru, berharap kunjungan ke Barru dapat bernilai positif bagi Kabupaten Sinjai secara khusus.

Baca juga: Sukses, Pemkab Sinjai Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

”Pengelolaan yang professional, mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar zakat melalui Baznas. Itu artinya, makin banyak pula mustahik yang dapat termuliakan,” harapnya.

Studi komparatif ini juga diikuti Kabag Kesra Setdakab Sinjai, Dra. Dahlia AT, Kabag Hukum, Lukman Dahlan, Wakil Komisi I serta Kabag keuangan, Hj. Hamda Ismail. (**)

Editor / Bahar