Ini Harapan Ketua Dekranasda Sinjai di Raker Dekranasda SulSel

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Pengembangan kerajinan di Sinjai masih membutuhkan pembinaan dan promosi.

Bahkan menurut Ketua Dekranasda Kabupaten Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto pengembangan kerajinan masih menghadapi berbagai hambatan diantaranya mutu produk yang masih belum sesuai standar, pemasarannya terbatas, dan kualitas SDM masih rendah.

Untuk itu, ia berharap kepada Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan dapat memberikan dukungan melalui pelatihan bagi pelaku usaha kerajinan serta membantu membuka akses promosi produk bagi mereka.

“Jadi itu harapan kami, dan semoga hal ini dapat diwujudkan melalui dukungan Dekranasda SulSel. sehingga usaha kerajinan kita bisa lebih berkembang”, Tutup Nurhilda saat mengikuti Musyawarah Daerah dan rapat kerja Dekranasda SulSel, Rabu (07/08) di Ballroom Sandeq C Hotel Claro Makassar.

Sementara itu, Ketua Dekranasda SulSel, Liestiaty F. Nurdin dalam sambutan penutupannya menyampaikan apresiasi kepada para Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota yang tetap mengikuti proses Raker hingga penutupan.

Lihat juga: Ketua Dekranasda Pinrang Puji Produk Kerajinan Dekranasda Sinjai dan Ingin Belajar

Ia berharap Musda ini dapat menghasilkan rumusan terbaik guna mendengar langsung apa yang menjadi kebutuhan Dekranasda Kabupaten/Kota.

“Kita akan berupaya agar Dekranasda mendapatkan perhatian dan dukungan dari Pemerintah Provinsi sehingga kita bisa bersama-sama mengembangkan kerajinan dan meningkatkan kualitas SDM pengrajin di seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan”, Pungkasnya.

Sebelumnya, pada sesi pemaparan Dekranasda Kabupaten/Kota, Dekranasda  Sinjai yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sinjai, H. Abdul Rahman memaparkan potensi kerajinan Sinjai

“Sinjai memiliki berbagai potensi kerajinan yaitu kayu pakis, kerang, tempurung kelapa, anyaman serat lontar, anyaman pelepah pisang, bambu, dan batu permata. Diantara jenis-jenis potensi tersebut tiga produk yang kemudian menjadi unggulan Sinjai adalah kerajinan pakis, kerang, dan tempurung kelapa”, paparnya.

Penutupan Musda dan Raker Dekranasda Sulawesi Selatan Tahun 2019 dihadiri oleh Pengurus Dekranasda Provinsi, Kabupaten, dan Kota se-Sulawesi Selatan.(**)

Editor / Bahar