oleh

Ini Kata Bupati ASA Soal Pemberian Tablet Tambah Darah Bagi Rematri

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Sebagai upaya mempercepat, mencegah dan menanggulangi stunting (gizi buruk), Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai menggelar pertemuan dengan melibatkan sejumlah stakeholder.

Pertemuan yang berlangsung di ruang pola kantor Bupati Sinjai ini, membahas mengenai komitmen dalam pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri (rematri).

Ketua panitia pelaksana, dr. Aliawati Albek dalam laporannya menuturkan, pemberian tablet tambah darah ini dilakukan sebagai upaya atas kerjasama lintas sektor dalam penurunan stunting.

Apalagi, pemberian tablet tambah darah bagi rematri di Sinjai tercatat masih kurang dari 50 persen di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ini.

BACA JUGA: Tahun Depan, Pemkab Sinjai Akan Lanjutkan Program Bantuan Seragam Sekolah Gratis

“Dengan dasar itulah melalui pertemuan ini bertujuan sebagai landasan kerjasama bagi para pihak dalam rangka bersinergi untuk pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri pada SMP, SMA dan perguruan tinggi se-Kabupaten Sinjai sebagai wujud pencegahan dan penanggulangan stunting,” tutur Aliawati.

Sementara, Bupati ASA dalam sambutannya merespon positif pemberian tablet tambah darah ini. Menurutnya, rematri yang nantinya akan menjadi calon ibu harus dipersiapkan agar pada saat hamil, tidak mengalami anemia yang dapat menimbulkan resiko pendarahan saat melahirkan.

“Untuk menanggulangi permasalahan stunting, salah satu upaya pemerintah adalah pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri. Apalagi, penurunan prevalensi stunting merupakan sasaran rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) bidang kesehatan tahun 2020-2024,” ujarnya.

BACA JUGA: Rangkaian Harkopnas, Bupati ASA Tanam Pohon di Pantai Mallenreng

Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai ini berharap komitmen seluruh stakeholder dalam pemberian tablet tambah darah bagi rematri ini secara menyeluruh dalam mempercepat, mencegah dan menanggulangi stunting atau gizi buruk.

“Saya berharap, dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman tadi, program minum tablet  bagi remaja putri Insya Allah akan terlaksana di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi secara menyeluruh,” harapnya.

Dalam pertemuan ini, dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Bupati ASA dengan perwakilan Dinkes Provinsi Sulsel terkait pemberian tablet tambah darah bagi rematri.

Komitmen serupa juga ditandatangani Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, serta stakeholder terkait lainnya.

BACA JUGA: 18 Kabupaten/Kota Meriahkan Pameran Harkopnas Tingkat Sulsel di Sinjai, Yuk Intip!

Selain itu, Bupati ASA menerima secara simbolis bantuan tablet tambah darah dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Paantauan media, pertemuan tersebut dihadiri oleh para perwakilan Forkopimda, para kepala OPD, serta para kepala sekolah SMP dan SMA sederajat, guru dan pimpinan perguruan tinggi se-Kabupaten Sinjai. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU