oleh

Ini Perkara yang Paling Banyak Ditangani PN Sinjai Selama 2018

KABARSINJAI.COM, Sinjai –  Perkara penganiayaan merupakan perkara dengan jumlah yang paling banyak ditangani oleh Pengadilan Negeri (PN) Sinjai tahun ini. 

Adapun totalnya dari 101 perkara pidana yang ditangani mulai dari januari hingga akhir bulan november ini sebanyak 28 perkara.

Sedangkan perkara Narkotika menempati urutan kedua dengan jumlah sebanyak 27 perkara.

Khusus perkara Narkotika, mereka yang terlibat tidak memandang strata sosial lagi, mulai dari nelayan, sopir,  PNS bahkan penegak hukum terjerat narkoba.  

“Jadi kasus narkoba di Sinjai sudah extra Ordinary Crime,” Kata Ketua PN Sinjai H. Abdullah Mahrus saat mengikuti Rapat Koordinasi Bidang Pemerintahan di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai,  Senin (26/11/18) lalu. 

Selain dua perkara tersebut, lima besar perkara pidana yang ditangani PN Sinjai yakni kasus pencurian, perlindungan anak dan kasus perikanan.

Untuk kasus pencurian, pelakunya didominasi oleh kaum remaja  bahkan ada dari kalangan anak-anak yang belum bisa dijatuhkan hukuman pidana penjara.

Sementara perkara perlindungan anak, Sambung Ketua Pengadilan Negeri Sinjai, ada 7 perkara, dimana rata-rata itu adalah kasus asusila.

“Kasus asusila yang terjadi di Sinjai bukan hanya dilakukan oleh orang yang tidak dikenal kepada anak, tetapi pelakunya adalah keluarga dekatnya, bahkan ada guru terhadap siswinya,” jelasnya.

Sedangkan masalah perikanan menduduki posisi kelima dengan jumlah 4 perkara khususnya masalah bom ikan yang mengancam ekosistem laut.

“Hal ini jika dibiarkan tampa adanya pengawasan ketat maka jelas akan mengancam ekosistem laut kita. Intinya masyarakat harus sadar, jika salah jangan dilakukan demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan “, Tandasnya (*)

Editor / Bahar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU