oleh

Inovasi Gerai Perizinan Perikanan Sinjai Dua Tahun Beroperasi, Izin yang Diterbitkan?

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pengoperasian gerai perizinan administrasi sektor kelautan dan perikanan Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sinjai, kini memasuki tahun kedua.

Gerai yang merupakan terobosan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa dan Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong ini terletak di Kompleks Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara.

Tidak hanya memberi manfaat dan kemudahan bagi pelaku usaha di sektor perikanan atau nelayan akan tetapi gerai yang telah menerbitkan ribuan izin ini juga berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Masing-masing izin yang dikeluarkan gerai untuk periode Januari 2019 hinga September 2020 diantaranya, Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) sebanyak 142, Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) 1.495, Surat Izin Usaha Pengangkutan Ikan (SIKPI) 144, Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP) 94 (gratis) dan ANDON 73 Izin (gratis).

BACA JUGA: Begini Perhatian Pemkab Sinjai di Bidang Keagamaan, Ponpes Ikut Kebagian

“Total PADnya Rp.684.860.000, dari total 1.948 izin yang telah dikeluarkan. Rinciannya, untuk SIUP total PAD yang dihasilkan sebanyak Rp.159.500.000,- SIPI Rp.481.620.000,- SIKPI Rp. 43.740.000,” ungkap Lukman Dahlan, Kepala DPMPTSP Sinjai, Kamis (10/9/2020)

Mantan Kabag Hukum Setdakab Sinjai ini menambahkan, gerai pelayanan administrasi perizinan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Sinjai antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam melakukan inovasi dan penyederhanaan proses pelayanan publik yang transparan, efesien, akuntabel dan tepat waktu.

“Program Pengembangan Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu secara modern, merupakan salah satu visi dan misi Bupati Sinjai dan Wakil Bupati,” kata Lukman.

BACA JUGA: Sinjai Bakal Miliki GOR Bertipe B

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengemukakan, gerai pelayanan administrasi perizinan tersebut, memang merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Dengan harapan, hadirnya gerai ini semakin memudahkan serta mendekatkan jarak pembuatan dokumen bagi nelayan di Kabupaten Sinjai.

“Alhamdulillah dampaknya sangat baik, disamping memudahkan nelayan gerai ini juga menyumbang PAD,” ujarnya. (Ads)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU