oleh

Inovasi Pusdongkel Diterapkan di Sinjai, Tim Verlap Bilang Begini

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Perpustakaan dan Dongeng Keliling (Pusdongkel), merupakan inovasi yang direplikasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Sinjai bersama para pegiat literasi dari Dongkel With Mobile Library Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Dimana replikator dari Pusdongkel di Kabupaten Sinjai adalah founder Rumah Dongeng Sinjai, Mirfayani Mirsal yang sebelumnya telah mengikuti workshop kompetisi replikasi inovasi pelayanan publik di Kota Makassar beberapa waktu lalu.

Penerapan inovasi inilah yang dinilai oleh tim verifikasi lapangan (verlap) di SD Negeri 84 Mangarabombang, Kecamatan Sinjai Timur yang dipimpin langsung Kepala Biro Organisasi Setprov Sulsel, A. Mirna.

Kepada media, ia mengapresiasi replikasi inovasi Pusdongkel ini karena dinilai berhasil diterapkan di Kabupaten Sinjai.

“Kegiatan mendongeng ini sudah mulai banyak ditinggalkan. Inovasi yang berasal dari Makassar ini ternyata direplikasi oleh Kabupaten Sinjai. Kami sangat mengapresiasi karena dengan mendongeng, anak-anak banyak mendapatkan ilmu,” ujarnya saat ditemui usai verlap di SD Negeri 84 Mangarabombang. Kamis, (21/10/2021)

BACA JUGA: Festival Budaya ‘Gau Pakkaja’ Akan Dibuka Langsung Bupati ASA

Dalam penuturannya itu, Mirna mengaku telah melakukan verlap bersama tim penilai di beberapa kabupaten, yakni Bantaeng, Pangkep, Luwu Utara dan kini di Sinjai.

“Dari semua kabupaten yang telah diverifikasi, itu punya peluang untuk diikutkan pada replikasi pelayanan inovasi publik tingkat nasional, tidak terkecuali Kabupaten Sinjai ini,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispusip) Sinjai, Mansyur optimis dengan replikasi inovasi Pusdongkel tersebut, dapat menghantarkan Kabupaten Sinjai ke penilaian tingkat nasional.

“Alhamdulillah tahun ini salah satu inovasi yang kita replikasi dari Dinas Perpustakaan Kota Makasar adalah Pusdongkel. Mudah-mudahan inovasi ini bisa membawa kita ke tingkat nasional ke depannya,” harapnya. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU