oleh

Jalan di Kolasa Mulus, Perlancar Akses Warga Angkut Hasil Pertanian

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Jalan mulus atau Hotmix membawa manfaat tersendiri bagi warga, khususnya petani yang berada disekitar jalan tersebut.

Seperti jalan mulus di Ulu Galung Tondong, di Dusun Kolasa, Desa Kampala, Kecamatan Sinjai Timur. Jalan hotmix ini sudah lama dinantikan petani setempat.

Pasalnya dengan jalan mulus, petani dengan mudah mengangkut hasil pertanian mereka. Tidak hanya itu, hasil perkebunan hingga peternakan juga terdampak dari jalan mulus tersebut.

“Rata-rata profesi warga disini itu petani dan berkebun, makanya jalan ini banyak diakses warga untuk mengangkut hasil pertanian mereka,” kata Sakiyah warga Kolasa, Minggu (19/9/2021)

BACA JUGA: Setelah Dihotmix, Jalan di Kolasa Sinjai Timur Ramai Dilalui Pengendara

Jalan yang menghubungkan jalan poros Bulukumba – Sinjai Tengah serta Desa Salohe itu, kini bahkan mulai banyak dilalui warga sebagai jalan alternatif setelah rampung dikerjakan pekan ini.

Tidak heran jika selain warga setempat, banyak kendaraan roda dua maupun roda empat diluar dari warga Kolasa yang mengakses jalan tersebut untuk mengakut hasil pertanian dan perkebunan mereka.

“Selain warga yang mengangkut hasil pertanian, ada juga yang memanfaatkan jalan mulus ini sebagai jalan alternatif baik menuju Bulukumba-Sinjai Tengah maupun sebaliknya,” tambahnya.

Dengan begitu, Sakiyah mengaku sangat senang dan mewakili warga Kolasa menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, khususnya kepada Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang telah memberi perhatian besar dengan akses jalan di Kolasa.

Apalagi jalan mulus ini telah lama dinantikan warga setelah 21 tahun merasakan jalan rusak, berlubang serta licin dan becek jika hujan mengguyur daerah itu. Saat terakhir jalan dikerjakan, saat itu Sakiyah mengaku masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

“Rusak sekali pak apalagi yang ditanjakan dekat sawah, licin sekali kalau sudah hujan, untuk itu atas nama warga Kolasa Desa Kampala saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati (Andi Seto Asapa) yang telah memperhatikan keadaan kami untuk melakukan pengerjaan jalan ini,” tandasnya.

Terpisah Kepala Seksi Humas Pemkab Sinjai, Iswan Ahmad, menjelaskan jika peningkatan infrastruktur jalan memang menjadi salah satu program prioritas Bupati ASA.

Hal itu terbukti sejak Bupati ASA memimpin Sinjai akhir tahun 2018 lalu, sudah 182 kilometer (KM) lebih jalan yang telah dikerjakan, baik Hotmix maupun rabat beton.

BACA JUGA: Mahasiswa Bone Puji Program Peduli Pendidikan Pemkab Sinjai

Selain menjadi perhatian pemerintah daerah, hal itu dilakukan sekaligus membuka dan mempermudah akses perekonomian warga, khususnya yang berada di pelosok desa.

Karena dengan akses jalan yang bagus, maka hasil bumi seperti hasil pertanian, perkebunan dan peternakan warga dengan mudah dapat diangkut menuju kota atau pasar.

“Tujuannya memang jelas, guna mensejahterakan masyarakat dan kalaupun masih ada jalan yang belum tersentuh, itu hanya persoalan waktu saja, yang pasti pak Bupati (ASA Red) akan berupaya bagaimana semua jalan yang ada di daerah ini bisa mendapat perhatian atau perbaikan. Jadi mohon bersabar,” jelas Iswan. (Ay)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU