oleh

Jalan Mulus Perpendek Jarak Tempuh Warga ke Pusat Kecamatan Sinjai Selatan

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Jalan rintisan Belanda di Desa Talle, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, kini telah mulus atau di hotmix. Pengerjaan jalan itu rampung Mei lalu melalui Dinas PUPR Sinjai.

Rasa syukur akan jalan mulus itu datang dari masyarakat, lantaran jalan Aspal yang telah puluhan tahun dinanti akhirnya terwujud tahun ini.

Jalan yang masuk ruas Bikeru 1-Mata-matae sepanjang 4,3 Km tersebut menghubungkan dua desa dan satu kelurahan, diantaranya Desa Talle, Desa Gareccing dan Kelurahan Sangiasseri Kecamatan Sinjai Selatan.

Waktu tempuh warga Dusun Gareccing menuju ibukota kecamatan Sinjai Selatan pun terbilang singkat dengan mulusnya jalan itu. Hanya dengan waktu Lima menit.

BACA JUGA: Puluhan Tahun Tak Tersentuh, Jalan Rintisan Belanda di Sinjai Akhirnya Mulus

Padahal sebelum dikerjakan, seorang warga menjelaskan jika jarak tempuh menuju ke Pusat Kecamatan Sinjai Selatan menghabiskan waktu tidak kurang dari 30 menit.

“Dulunya pak kami tempuh antara 15 menit hingga 30 menit bahkan kalau musim hujan hampir satu jam karena kami harus mutar ke jalan poros nasional dulu baru ke Bikeru,” kata Baso salah seorang warga Dusun Gareccing, Desa Talle, Sabtu (3/10/2020)

Tak hanya jarak yang jauh, hampir setiap bulan masyarakat mengganti onderdil kendaraan karena melintasi jalan berlubang dan licin.

BACA JUGA: Viral Seorang Guru SD di Sinjai Mengajar Luring Gunakan Baki, Begini Kisahnya

Penderitaan yang paling terasa saat hasil pertanian gabah dan hasil kebun akan diangkut saat musim hujan.

Selain harus melewati jalan hancur, masyarakat juga harus memikul gabahnya dari dari Desa Gareccing ke Desa Talle dengan melintasi sungai.

Dan kini setelah rampung jalan itu, masyarakat tak melintasi sungai lagi karena sudah ada jembatan dan sudah melewati jalan mulus. (**/MB)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU