oleh

Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok Meroket di Pasar Sentral Sinjai

-Daerah, ekobis, Terbaru-193 views

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Harga kebutuhan pokok di pasar Sentral Sinjai kembali mengalami kenaikan yang signifikan jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. Kenaikan harga di antaranya terjadi pada komoditas Bawang Putih, tomat dan Cabe Geriting.

Dari hasil pantauan tim Kabarsinjai.com, harga ketiga komoditas ini melambung tinggi hingga 100 persen. Cabe keriting contohnya, harga jual saat ini berada di harga Rp30 ribu/Kilogram (Kg) dari harga sebelumnya hanya dikisaran Rp15 ribu/kg. Untuk harga tomat dari harga Rp7 ribu/kg menjadi Rp15 ribu/kg, sedangkan harga bawang putih kini merangkak naik dari harga Rp35 ribu/kg menjadi Rp45/kg.

Kenaikan harga itu diungkapkan salah satu pedagang di Pasar Sentral Sinjai, Firman. Ia mengaku terpaksa menaikkan harga kedua komoditas tersebut karena harga beli dari pemasok juga tinggi.

Baca Juga: Perkuat Silaturahmi, DPD KNPI Sinjai Bukber Sekaligus Bahas Program KLP

” Mau tidak mau harga kita naikkan juga sesuai dengan kenaikan harga dari pemasok “, kata Firman, saat ditemui, Jumat (31/5/2019)

Dikatakan, harga bawang putih sebelumnya merosot dari harga Rp70 ribu/kg menjadi Rp35/kg pada pertengahan puasa. Namun sejak beberapa hari terakhir harga bawang putih kembali merangkak naik.

” Pernah kita beli Rp1 Juta/karung dengan eceran Rp70/kg, tapi turun menjadi Rp35/kg dengan harga Rp600 ribu/ karung, tapi naik lagi kemarin Rp850/karung jadi harganya juga pasti naik di harga Rp45/kg “, tambahnya.

Sementara komoditas lainnya relatif stabil seperti sayur mayur, bawang merah, daging ayam dan sapi. Untuk harga bawang merah Rp25/kg, daging sapi berada di harga Rp110 ribu dan daging ayam Rp30 ribu/kg.

Baca Juga: Masyaa Allah, Anak Bakar Rumah Ibunya yang Sakit Tewas Terpanggang

Firman memprediksi, kenaikan harga sejumlah komoditas lainnya juga akan merangkak naik tiga hari menjelang lebaran nanti.

” Ini sudah tiap tahun pak, kenaikan harga komoditas pangan memang sudah menjadi kebiasaan setiap menghadapi Lebaran “, tutupnya. (Adi)

Editor/Bahar

Facebook Comments
loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA TERBARU