oleh

Jelang Pilkada 2018, Begini Cara Panwaslu Sinjai Jaga Nertralitas ASN..

Kabarsinjai.com – Dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kabupaten Sinjai menggelar Sosialisasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sosialisasi yang mengangkat tema ” Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu” ini berlangsung selama sehari di Aula Hotel Grand Rofina, Kamis (07/12)2017), dan dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai, Drs. H. Akmal Muin.

Ketua Panwaslu kabupaten Sinjai, A. Muh. Rusmin menyampaikan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan atas dasar UU No. 5 tahun 2014 tentang ASN, sebagai bagian dari upaya pencegahan dimana ASN diwajibkan untuk menjaga netralitasnya dalam Pilkada.

Selain itu Rusmin juga menyampaikan bahwa pihaknya akan tegas menjalankan tugas dan mengajak ASN untuk fokus melaksanakan tugas dalam melayani masyarakat.

” Ada Koridor yang harus dijaga, Kami di Panwaslu akan tegas menjalankan tugas tanpa ada niat saling mencederai. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada ASN yang melanggar UU, oleh karena itu perlu ada pemahaman dalam menyikapi UU ASN, jangan sampai apa yang menjadi tugas kita menyebabkan kita bercerai-berai,” jelasnya.

Foto : Ketua Panwaslu Sinjai bersama peserta Sosialisasi Netralitas ASN, di Aula Hotel Grand Rofina.

Sementara itu Asisten Administasi Umum Setdakab Sinjai, Drs. H. Akmal Muin sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini mengingat ASN merupakan suatu potensi yang rawan dimanfaatkan sedangkan tugas ASN adalah memberikan pelayanan ke masyarakat.

” Jelas dalam UU ASN dilarang untuk terlibat politik praktis, mari bekerja dengan tugas dan fungsi kita sebagai ASN karena jika terlibat ada mekanisme yang harus kita jalani yakni Pelanggaran atas aturan berupa pelanggaran ringan, pelanggaran sedang dan pelanggaran berat akan diberikan sanksi, misalnya pelanggaran ringan dapat diberikan teguran, memberikan hukuman disiplin. UU ASN merupakan payung untuk berlindung bagi ASN. Diharapkan ada kelompok- kelompok kecil untuk memantau ASN,” pungkasnya.

Adapun pemateri pada Sosialisasi tersebut Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai, Drs. H. Akmal Muin, dengan materi Upaya Solutif Pemerintah Daerah Dalam Menjaga Netralitas ASN, Wakapolres Sinjai, Kompol Abd. Rauf, Peranan Polri Dalam Pemegakan UU Pemilu, serta Dukungan Polri Terhadap Panwas Dalam Upaya Penanganan Pelanggaran Pemilu, serta Saifuddin S. Pd Kordinator Hukum, Penindakan dan Pelanggaran Panwaslu Sinjai, dengan materi Langkah Pencegahan dan Penindakan Atas Pelanggaran UU ASN.

Turut hadir unsur Forkopimda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kabag Setdakab Sinjai, Camat Se Kabupaten Sinjai, Kepala Desa/Kelurahan, serta anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se kabupaten Sinjai. (*)

Editor   : A. Mirza.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU