oleh

Jumlahnya Membludak, Disperindag Sinjai Siasati Jalan Depan Pasar Lappa Dipakai Pedagang

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Sejak difungsikan pemanfaatan pasar Lappa di Kompleks Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Lappa, jumlah pedagang yang telah didata Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) dan ESDM Kabupaten Sinjai mencapai 357.

Hal itu diungkapkan Kepala Disperindag dan ESDM Sinjai, Ir H Ramlan Hamid, saat memimpin penataan pasar Lappa, yang terletak di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Rabu (16/10/19)

Ramlan menjelaskan, jumlah pedagang sebanyak itu tidak mampu menampung jumlah kios pasar Lappa yang hanya berjumlah 117 kios.

Mengenai itu, pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memakai jalan yang berada di depan pasar Lappa agar digunakan oleh pedagang yang tidak mempunyai los sebagai solusi sementara.

Lihat juga: Gelar RDP, Komisi I DPRD Sinjai Bahas Penghasilan Tetap Kades dan Aparatnya

Hal tersebut ungkapnya dilakukan, bagaimana agar supaya semua pedagang bisa terfasilitasi dan tidak mengganggu aktivitas pelelangan dan masyarakat juga tidak terganggu.

“Jalan tersebut akan ditutup mulai pukul 05:00-10:00 Wita pagi, karena memang tidak mampu masuk semua ke dalam gedung pasar”, katanya.

Kalaupun ada pedagang yang mempunyai kios di dalam gedung pasar dan masih menjual diluar (jalan yang disediakan), maka Ramlan menegaskan tidak segan untuk mencabut hak kiosnya.

Dikatakan penataan pasar ini dilakukan dengan petugas gabungan dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Perikanan dan UPTD Pasar dan UPTD PPI Lappa.

“Penataan pasar di PPI Lappa sudah dilakukan sejak dua bulan lalu setelah fasilitas gedung pasar Lappa mulai difungsikan, dan hari ini kita kembali turun agar tidak terkesan semrawut”, jelasnya. (Adi)

Editor/Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU