oleh

Kabar Gembira, Pemkab Sinjai Segera Kucurkan Bantuan Bibit Rumput Laut Bagi Pembudidaya

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah nahkoda Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), memberikan perhatian khusus dalam pengembangan budi daya rumput laut.

Setiap tahun Pemkab Sinjai memberikan sejumlah bantuan berupa benih rumput laut dan sarana budidaya.

“Tahun ini Insya Allah pemerintah akan memberikan bantuan berupa bibit sebanyak delapan paket dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diperuntukan untuk delapan kelompok di Kecamatan Pulau Sembilan,” ungkap Kepala Dinas Perikanan Sinjai, H Haris Achmad, Sabtu (26/3/2022)

Haris Achmad mengatakan, pemerintah terus berupaya melakukan pemberdayaan kepada kelompok pembudidaya serta pendampingan melalui penyuluh perikanan di wilayah masing-masing sehingga mereka dapat meningkatkan produksi hasil budidaya rumput laut.

Baca juga: Keren! Inovasi “Daeng Baco” Sinjai Terbaik 4 Se-Sulsel

Menurut Haris, rumput laut sebagai salah satu komoditas unggulan mempunyai prospek pasar yang cukup luas baik di dalam maupun luar negeri.

Kebutuhan rumput laut sebagai bahan dasar dalam berbagai industri menjadikan komoditas ini mempunyai nilai yang sangat tinggi. Karenanya, produksi rumput laut menjadi salah satu komoditas andalan dalam kegiatan budidaya.

Baca juga: Sambut Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58, Rutan Sinjai Sumbang 51 Kantong Darah untuk Kemanusiaan

“Kalau menurut data potensi rumput laut jenis Spinosium pada tahun 2021 lalu itu sebesar 13 ribu per ton. Sedangkan untuk jenis Gracularia sekitar 33 ribu per ton. Ini terdiri dari beberapa pembudidaya,” jelasnya. (Tim)

Komentar Facebook