oleh

Kades Bonto Pendukung Salah Satu Caleg Provinsi di Sinjai Divonis 4 Bulan Penjara

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Tersangka kasus tindak pidana pemilu, Mappiare Kepala Desa Bonto Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, kini bersiap jadi penghuni hotel prodeo alias penjara.

Ia divonis hakim karena terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pada pasal 490 UU No. 17 Tahun 2017 tentang Pemilu dengan ikut mengajak warganya atau pemilih memenangkan salah satu Caleg Provinsi yakni Mizar Roem.

Ketua Majelis Hakim Agung Nugroho Suryo Sulistio S.H M.Hum yang beranggotakan 2 orang hakim yakni Tri Dharma Putra S.H dan Andi Muhammad Amin A.R S.H menjatuhkan Putusan pidana penjara selama 4 (empat) Bulan penjara dengan Masa Percobaan selama 8 (delapan) bulan dan Denda sebesar Rp. 3.000.000,- (Tiga Juta Rupiah) subsidiar 2 (dua) bulan kurungan.

Baca jugaMajelis Hakim Menjatuhkan Hukuman Mati kepada Pelaku Pembakaran Satu Keluarga di Makassar

Vonis itu dibacakan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri kelas II Kabupaten Sinjai, Rabu, (11/04/2019) siang.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara 8 bulan dan denda sebesar lima juta rupiah dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan dengan pidana kurungan selama 2 bulan,” kata Ketua Majelis Hakim saat baca putusannya di Ruang Sidang Pengadilan Negeri kelas II Sinjai.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Sinjai Muh Rusmin, menilai apa yang berjalan di Pengadilan Negeri Sinjai itu sudah sesuai mekanisme.

Baca jugaPemkab Sinjai Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik

“Iya tentu apa yang telah berjalan di pengadilan sesuai dengan mekanisme yang ada sebagaimana yang diatur dalam mekanisme persidangan, terkait hasil putusanya tentu kami menilai bahwa itu kewenangan hakim dalam memutus perkara. Yang pasti bahwa bagaimana penegakan hukum pemilu haruslah berjalan konsisten demi menjamin pemilu yang bersih dan bermartabat,” bebernya.

Diketahui, Mappiare terang-terangan mendukung Calon Legislatif atau Caleg DPRD Provinsi Mizar Roem, bahkan ia memfasilitasi pertemuan dikediamannya pada Februari 2019 lalu (Adi)

Editor/Andis

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU