oleh

Kadis Peternakan Sinjai : Jelang Idul Adha, Pengiriman Sapi Kurban Keluar Daerah Capai 1000 Ekor

KABARSINJAI.COM – Dalam satu bulan terakhir ini, jumlah sapi kurban yang dikirim keluar daerah sinjai mencapai 1000 ekor.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai drh. H. Aminuddin Zainuddin, Senin (20/08) kemarin.

Menurutnya sapi yang dikirim keluar daerah itu untuk kebutuhan Idul Kurban.

“Jadi untuk satu bulan terakhir ini, hewan kurban yang sudah kita kirim keluar daerah seperti Makassar, Kalimantan dan beberapa daerah lain mencapai seribuan ekor”, Terangnya.

Hal ini kata dia wajar saja karena Populasi sapi di Sinjai saat ini mencapai 100 ribu ekor sehingga persediaan untuk kurban sangat mencukupi.

Baca juga ;
Realisasi Penggunaan APBD Hingga Agustus 2018 Capai 58 Persen, Ini Kata Pj. Bupati Sinjai
PHBI Tetapkan Lapangan Sinjai Bersatu Sebagai Lokasi Sholat Idul Adha

“Dengan hal ini sinjai menjadi pemasok sapi untuk daerah Makassar, Kalimantan dan daerah lainnya”,

Sebelumnya, Dinas Peternakan telah membentuk tim yang disebar di masing-masing Kecamatan untuk memantau dan memastikan hewan kurban tersebut sehat dan aman untuk dikonsumsi.

“Untuk pemeriksaannya kita tidak hanya fokus di RPH tapi tim khusus yang kita bentuk ini kita sebar di kecamatan hingga di desa sehingga pada hari H sebelum dipotong kita periksa terlebih dahulu,” katanya.

Baca juga ;
Antisipasi Penyakit, Petugas DPKH Sinjai Lakukan Pengambilan Sampel Darah Hewan Kurban

Ditambahkan bahwa hewan kurban wajib diperiksa kesehatannya demi menjamin kualitas daging hewan kurban yang aman, sehat, utuh dan halal.

“Adapun syaratnya yakni harus jantan, sehat, tidak kurus. Untuk sapi umur minimal 2 tahun sedangkan kambing minimal 1 tahun”, Tandasnya. (*)

Editor / Riswan

Komentar Facebook

BERITA TERBARU