Kadis PMD Sinjai Minta Kades Sukseskan Hari Desa Asri Nusantara

KABARSINJAI – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai Dr. Yuhadi Samad mengharapkan seluruh desa yang ada di Sinjai untuk ikut berpartisipasi dan menyukseskan penanaman pohon secara serentak di seluruh Indonesia.

Hal itu berkaitan dengan peringatan Hari Desa Asri Nusantara tahun 2023 yang digagas Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

“Berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, diharapkan seluruh desa di Indonesia untuk melakuakn penanaman pohon secara serentak pada hari Senin tanggal 20 Maret 2023,” katanya, Jumat (17/3/2023).

Penanaman pohon ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai perubahan iklim, mewujudkan desa yang bersih, hijau, dan bebas dari pencemaran lingkungan, serta mengurangi risiko bencana di desa.

Yuhadi mengharapkan masing-masing desa menentukan lokus yang dijadikan sebagai lokasi tempat penanaman pohon pelindung yang bermanfaat dalam jangka panjang.

“Mudah-mudahan 67 desa yang ada di Sinjai ini bisa ikut menyukseskan program pemerintah Pusat ini dengan harapan pohon yang ditanam nantinya bisa menjadi pelindung dan mengurangi risiko terjadinya bencana,” kuncinya.