Kadisdik Sinjai Tekankan Pentingnya Penyusunan Soal Ujian Semester Berstandar Nasional

KABARSINJAI – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sinjai, Irwan Suaib, menekankan pentingnya soal ujian semester mengacu pada standar nasional seperti soal-soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Menurut Irwan, pemberian soal setara O2SN dan ANBK agar para pelajar terbiasa dengan format dan tingkat kesulitan soal-soal di kompetisi sains nasional.

Selain itu, pemberian soal-soal yang lebih kompleks dan menantang akan mendorong para pelajar untuk berpikir kritis dan kreatif, serta melatih daya nalar mereka.

“Kemampuan ini penting untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” ujarnya disela pemantauan Penilaian Akhir Semester (PAS) di UPTD SMPN 5 Sinjai, di Jalan Bulu Lohe, Sinjai Utara, Selasa (11/6/2024).

Dengan begitu kata Irwan, sangat perlu dilakukan pelatihan terkait hal tersebut sehingga berdampak pada kompetensi para guru dalam penyusunan soal standar nasional.

“Diharapkan para anak-anak kita di Kabupaten Sinjai akan mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” harapnya.

Saat melakukan pemantauan PAS di UPTD SMPN 5 Sinjai, Irwan didampingi Kabid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF), Muhammad Ridwan, dan Kabid Sekolah Dasar (SD) Muhammad Adli Arifin.

PAS dilingkup Disdik Sinjai sendiri serentak dilaksanakan di sembilan kecamatan hingga 15 Juni 2024 mendatang, baik tingkat SD maupun tingkat SMP. (*)

Komentar