oleh

Kado Akhir Tahun, Bupati ASA Launching Smart Kampung Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai,Layaknya kado akhir tahun, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) meluncurkan inovasi pelayanan publik untuk masyarakat Sinjai.

Inovasi itu yakni Smart Kampung Sinjai. Program ini merupakan program unggulan Bupati Sinjai, mencakup pengembangan website desa yang dapat menjadi sumber informasi publik bagi masyarakat, bahkan menjadi bagian dari pelayanan administrasi yang berbasis digital atau online.

Aplikasi tersebut juga dapat menjadi rujukan bagi masyarakat di luar desa untuk mengetahui potensi desa yang ada, bahkan dapat menjadi media promosi produk unggulan yang ada.

“Jadi saat ini sudah 22 desa yang telah memiliki website dalam mendukung program smart kampung dalam rangka peningkatan ekonomi desa, baik dari sektor pertanian, peternakan dan UMKM lainnya,” ungkap Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, Tamzil Binawan.

Baca juga: Gegara Anggur Merah, 2 Warga Lappa Diamankan Polisi

Smart Kampung Sinjai dilaunching Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) di pendopo rumah jabatan (Rujab) Bupati Sinjai, Kamis malam (30/12/2021)

Bupati ASA mengatakan, inovasi pelayanan publik ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam hal mendapatkan informasi.

“Saya berharap aplikasi ini bisa disosialisasikan dengan baik agar masyarakat tahu dan bisa dimanfatkan dengan baik” ungkapnya.

Kedepan Bupati ASA meminta aplikasi smart kampung dapat terus dikembangkan sehingga manfaat dari program ini tidak hanya sebatas sebagai sumber informasi saja, namun berfungsi sebagai pelayanan administrasi.

Selain Smart Kampung, Bupati ASA juga melaunching Gerai pelayanan perizinan terdepan (Gerai Panrita).

Bupati ASA meminta Gerai Panrita bisa berkembang ke seluruh desa dan kelurahan yang ada sehingga lebih memberikan kemudahan bagi masyarakat Sinjai.

“Ini menjadi catatan penting bagi kita dalam peningkatan kualitas layanan publik kita, makanya penting untuk kita kembangkan dan wajib untuk kita laksanakan,” jelasnya.

Sedang Gerai Panrita merupakan aplikasi yang dihadirkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat dengan motto “Lebih Dekat, Lebih Cepat” dengan tujuan memberikan kemudahan dan mendekatkan layanan perizinan bagi masyarakat.

Baca juga: Bupati ASA dan Ketua TP PKK Pantau Serbuan Vaksinasi di Desa, Ada Kresek Hitam

Gerai Panrita juga memberikan transparansi dalam proses perizinan berusaha dan perizinan non berusaha sehingga pemohon dapat melihat proses perizinannya sampai selesai di gerai terdekat.

“Jadi ini menjadi solusi terbaik bagi warga atau pelaku usaha yang jauh dari Kota dan membutuhkan izin secara cepat dan gratis karena gerai sudah hadir di 24 Desa dan 6 Kelurahan,” pungkas Kadis Penanaman Modal dan PTSP Sinjai, Lukman Dahlan.

Launching Smart Kampung dan Gerai Panrita turut dihadiri Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong, Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin, Forkopimda dan kepala OPD. Sedangkan Camat dan Kepala Desa/Kelurahan melalui sambungan virtual. (Ay)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU