oleh

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Sebut Over Kapasitas Rutan Sinjai Masih Bisa Ditoleransi

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Kapasitas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), dan Rumah Tahanan (Rutan) hingga saat ini masih menjadi persoalan. Khusus Over kapasitas di Rutan Kelas II B Sinjai, mendapat respon dari Kepala Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia, (Kakanwil Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Imam Suyudi.

Menurutnya, setelah memonitoring blok-blok kamar hunian-hunian, over kapasitas yang dialami saat ini di Rutan Kelas II B Sinjai masih bisa ditoleransi sebab over kapasitasnya masih mencapai 50 persen.

Baca Juga: Bupati Sinjai Usulkan Rp. 6 Milyar Dana Hibah Untuk PDAM di Pusat

“Rutan Sinjai overnya sekitar masih 50 persen, artinya masih bisa karena kalau sudah over kapasitas diatas 400%, itu yang tidak bisa,” ungkap Imam usai melakukan monitoring kegiatan di lingkungan Rutan Sinjai, Kamis (1/11/2018).

Untuk menghindari hal tersebut, Imam mengaku pihaknya juga telah melakukan berbagai langkah, termasuk menerapkan mutasi warga binaan atau narapidana yang mempunyai masa kurungan tinggi ke Pulau Jawa.

“Warga binaan atau napi yang memilki hukuman seumur hidup hingga hukuman mati kita kirim ke Jawa untuk mengurangi jumlah hunian lapas atau rutan,” sambungnya.

Langkah lainnya, lanjut Imam adalah melalui percepatan Pidana hak pelaksaan warga binaan seperti remisi, dan melalui cuti bersyarat berdasarkan mekanisme prosedur yang berlaku, selain mengurangi kapasitas tentu langkah ini juga akan berdampak pada biaya operasional.

“Kalau kita berorentasi hanya untuk membangun dan membangun terus tidak ada selesainya, karena kita ditambah kapasitas akhir penghuni tetap banyak yang masuk artinya lebih kepada regulasi dan peraturan perundangan-undangan yang harus dirubah, sekarang memang dalam rangka proses perubahan rancangan KUHP,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Rutan Kelas IIB Sinjai, Ince Muh Rizal mengungkapkan, jumlah warga binaan yang saat ini menghuni Rutan Sinjai sebanyak 157 jiwa. Jumlah tersebut diakui, Ince melebihi kapasitas yang idealnya hanya bisa dihuni sekitar 100-150 jiwa.

Baca Juga: Fadhelullah : Pencabutan Spanduk Tolak HTI di Sinjai Harus Dilakukan, Ini Alasannya

“Benar, Rutan Sinjai terbilang over kapasitas secara SOP (Jumlah Kamar dan Tempat tidur) tapi masih cukup ruang untuk menampung hingga 157 jiwa warga binaan,” tandasnya.

Selain melakukan monitoring, Imam Suyudi juga meresmikan Warkop Salemba atau yang lebih dikenal dengan Warkop Tarungku yang berada di lingkungan Rutan Sinjai, sebagai unit usaha atau koperasi dibawah naungan Rutan Sinjai. (Mirza)

Editor/Riswan.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU