oleh

Kali ini, Giliran Kementerian LHK Berikan Penghargaan ke Bupati ASA

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Prestasi demi prestasi, itulah kata yang pantas disematkan kepada pemimpin muda Sinjai sekarang ini.

Andi Seto Asapa atau kerap disebut ASA, kembali meraih penghargaan bertaraf nasional. Kali ini, penghargaan tersebut berasal dari dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai itu menerima penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama yang diserahkan secara virtual melalui video conference oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya. Selasa, (19/10/2021)

Penyerahan penghargaan ini dilakukan dalam acara penutupan Festival Iklim Tahun 2021 yang diikuti langsung oleh Bupati ASA dari Makassar.

BACA JUGA: Perhelatan Porprov 2022 Hampir Pasti Ditunda, ini Kata Komisi I DPRD Sinjai

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Andi Ilham Abu Bakar mengatakan, apresiasi pembinaan diberikan kepada Pemerintah Daerah yang telah menetapkan kebijakan/peraturan.

Serta aktif melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanaan Proklim di wilayah setempat yang menjadi kontribusi nyata Pemerintah Daerah dalam pengendalian perubahan iklim.

“Alhamdulillah kita di Sinjai mendapat tiga penghargaan. Pertama tropi utama untuk Desa Tongke-tongke, sertifikat utama untuk desa Barania dan piagam pembinaan untuk tingkat Kabupaten/Kota, diterima oleh Bupati Sinjai selaku pembina dalam hal kegiatan proklim ini,” ungkap Ilham.

Dikatakan Ilham bahwa, program kampung iklim ini merupakan tahun keempat Kabupaten Sinjai mendapat penghargaan, sejak tahun 2018 lalu. Olehnya itu, dia berharap penghargaan ini dapat dipertahankan bahkan bisa lebih meningkat.

“Semoga ke depan bisa melahirkan beberapa desa yang cukup berprestasi untuk mengikuti proklim ini. Karena ini merupakan apresiasi yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada Kabupaten Sinjai,” ujarnya.

BACA JUGA: Dapat Tambahan Insentif, Bukti Kepedulian Bupati ASA ke Nakes di Daerah Terpencil

Terpisah Bupati ASA, menuturkan penghargaan tersebut merupakan salah bentuk perhatian dan pengakuan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah atas keberhasilannya menjaga dan mengembangkan kampung iklim.

“Ini pengakuan Pemerintah Pusat untuk Pemerintah Daerah bahwa kita itu menjaga iklim, menjaga wilayah kita dengan baik. Ini semua menjadi penilaian dan verifikasi dari kementerian lingkungan hidup,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut ASA, dengan semangat yang muncul karena mendapat apresiasi ini, masyarakat dan jajaran pemerintah diharapkan terus berupaya menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan, untuk menjaga dan melestarikannya.

“Jadi penghargaan ini adalah hal yang luar biasa. Ini upaya kerja keras kita semua, terkhusus instansi terkait yang senantiasa melakukan pembinaan dibawah,” kata ASA.

BACA JUGA: Kantongi Barang Haram, Oknum Mahasiswa di Sinjai Ditangkap Polisi

Penyerahan penghargaan tersebut turut disaksikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Andi Ilham Abu Bakar, Sekretaris DLHK Sinjai Evikasim Noor.

Kemudian Camat Sinjai Timur Akbar, Camat Sinjai Barat Nasrun, Kepala Desa Tongke-tongke dan kepala Desa Barania, dari ruang rapat Sekda Sinjai. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU