oleh

Kali Pertama, Tahun Ini Bappeda Sinjai Terapkan Musrenbang Online, Ini Penjelasannya

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sinjai, menerapkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kegiatan Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2021 dengan sistem online.

Pelaksanaan Musrenbang kali ini berbeda dengan Musrenbang yang dilakukan Bappeda Sinjai di tahun-tahun sebelumnya. Musrenbang Online itu menggunakan aplikasi E-Musrenbang.

Sekaligus untuk menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam penyelenggaraan pemerintahan sesuai arahan Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa.

“Ini pertama kalinya tahun ini kita laksanakan dengan sistem online dengan memberikan akses kepada masyarakat, pemerintah desa/kelurahan dan Kecamatan untuk mengakses perencanaan kita”, ujar Kepala Bappeda Sinjai, A. Ilham Abubakar, saat ditemui usai menggelar dialog interaktif di Radio Suara Bersatu FM, Selasa (07/01/2020)

Baca Juga: Dikawal Polisi, 17 Tahanan Polres Sinjai Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Dengan Musrenbang Online ini, Pemerintah Desa dan Kecamatan hanya perlu memilih program yang telah disiapkan masing-masing Organisasi Perangkat daerah (OPD) melalui sistem online untuk kegiatan tahun 2021, setelah melakukan Musrenbang di tingkat Desa/Kelurahan.

“Kita hanya menyiapkan program dari Renstra OPD melalui menu di aplikasi, tinggal pemerintah desa/kelurahan yang memilih yang mana menjadi prioritas di daerahnya masing-masing untuk tahun 2021 mendatang”, tambahnya.

Meski demikian, Musrenbang Kecamatan akan tetap dilaksanakan. Untuk jadwalnya, kata Ilham tetap mengacu pada jadwal yang telah ditentukan setiap tahunnya, yaitu minggu ketiga bulan Februari tahun 2020.

Baca Juga: Dinkes Sinjai Dukung Penerapan SIMPEG, Ini Tujuannya

“Masih ada Musrenbang Kecamatan tapi itu hanya untuk mengevaluasi usulan, termasuk memaparkan realisasi hasil Musrenbang tahun lalu yang terealisasi tahun ini. Jadi tidak ada lagi usulan judul kegiatan baru setelahnya, termasuk tidak ada kegiatan yang tumpang tindih”, jelasnya.  (Adv)

Editor/Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU