oleh

Kampung Literasi Kini Hadir di Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Taman Baca Masyarakat (TBM) Rumah Dongeng Sinjai patut berbangga. Pasalnya, TBM yang memiliki taman baca di 8 desa ini satu-satunya di Provinsi Sulsel mendapatkan bantuan program nasional Kampung Literasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Hal ini terungkap dalam pertemuan melalui zoom meeting TBM Rumah Dongeng, Dinas pendidikan Sinjai serta dari Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK) Kemendikbudristek. Kamis, (19/08/2021)

Koordinator Fungsi Pendidikan Keaksaraan dan Budaya Baca dari Kemendikbudristek, Cecep Suryana menyampaikan bahwa pergerakan dari Rumah Dongeng Sinjai terdengar hingga di pemerintah pusat melalui berbagai kegaiatan yang dilaksanakan.

“Dari sekitar 5000-an TBM yang ada di Indonesia, Rumah Dongeng Sinjai mewakili Sulsel mendapat Program Kampung Literasi, sebab hanya ada 30 TBM di 30 provinsi yang menerima program ini,” jelasnya.

BACA JUGA: Bunuh Diri, Jalan Keluar Akhiri Permasalahan? Simak Penjelasannya di Sini!

Bantuan ini juga diberikan tidak lepas karena adanya dukungan luar biasa dari Pemkab Sinjai melalui Dinas Pendidikan setempat sehingga ia berharap desa yang ada di Sinjai bisa mereplikasi kampung literasi ini.

Ketua Umum Forum TBM, Nero Taopik Abdillah yang ikut dalam zoom meeting ini menyampaikan selamat kepada TBM Rumah Dongeng Sinjai atas program yang diperoleh dari Kemendikbudristek.

“Selama ini kami melihat dan mendengar kegiatan teman teman relawan Rumah Dongeng Sinjai yang begitu luar biasa melalui dunia Maya. Semoga ini menjadi semangat untuk teman-teman relawan Kampung literasi Sinjai dalam bergerak, ” ucapnya.

BACA JUGA: Diskominfo Sinjai Terima Kunjungan Kominfo Sulsel

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kadis Pendidikan Sinjai Andi Jefrianto Asapa menyampaikan ucapan selamat kepada Rumah Dongeng Sinjai yang telah mendapat program nasional Kampung Literasi dari Kemendikbudristek.

Menurutnya, Kegiatan Literasi di Sinjai juga dilaksanakan di sekolah dengan gerakan literasi sekolah ditambah literasi religius yaitu one day one ayat, dimana setiap hari siswa menghafal satu hari satu ayat.

“Selain itu Perpustakaan sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan juga akan dijadikan Taman Baca dan dikelola oleh pegiat/relawan TBM yang ada di desa. Insyaa Allah pada saat pencanangan akan launching dan penandatanganan kesepakatan,” katanya.

BACA JUGA: Berlantai Tiga, Pembangunan Masjid di Ponpes Darul Istiqamah Diapresiasi Bupati ASA

Sementara itu, Ketua Rumah Dongeng Sinjai yang juga ketua Tim Kampung Literasi Sinjai Mirfayani Mirsal menyampaikan rasa bangga dan bersyukur bisa mendapatkan program Kampung Literasi ini, sebab ada banyak TBM yang ada di Indonesia terkhusus di Sulsel, dan yang mendapatkan bantuan program ini adalah TBM Rumah Dongeng Sinjai.

“Ada 10 program yang akan dilaksanakan di Kampung Literasi Sinjai yang akan dicanangkan di desa Saohiring Kecamatan Sinjai Tengah yaitu riset budaya dan sejarah Desa, pendataan dan pemetaan buta aksara di Dusun Bole, menulis kreatif, motor Literasi Macca, pelatihan kewirausahaan dan Mappogau Literasi. Kampung literasi ini akan mengidentifikasi potensi desa dan memberdayakan SDM desa terkhusus pemuda untuk menjadi masyarakat yang mandiri,” ungkapnya. (Adv)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU