Karnaval Ceria Sukses Terlaksana, Wujud Kegembiraan Warga Desa Kanrung di HUT ke-78 RI

KABARSINJAI – Meskipun puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus, namun antusias seluruh elemen masyarakat dalam merayakan kemerdekaan tetap menggelora.

Berbagai cara dilakukan oleh kalangan masyarakat untuk memperlihatkan kegembiraannya di momentum HUT RI tahun 2023 ini.

Seperti yang dilaksanakan para pemuda Desa Kanrung yang tergabung dalam Karang Taruna, menggelar sejumlah perlombaan dengan melibatkan semua elemen, mulai dari anak-anak, pemuda hingga orang dewasa.

Kegiatan dikemas dengan nama “Karnaval Ceria Desa Kanrung”, berlangsung di halaman Koperasi Unit Desa (KUD) Mattirowalie Desa Kanrung, Kecamatan Sinjai Tengah pada tanggal 19-20 Agustus 2023.

BACA JUGA: Siswi SMKN 2 Sinjai Timba Ilmu di UPTD Radio Suara Bersatu dan Sinjai TV

Dari pantauan jurnalis, keseruan dalam setiap perlombaan tampak menyatukan masyarakat. Sebab kegiatan ini menyajikan lomba ceria yang kerap kali aksi para peserta membuat wajah penonton selalu riang gembira.

Beberapa lomba yang digelar diantaranya tarik tambang, lari karung, makan kerupuk, estafet air, panjat pinang, balok batu, joget kursi, motor lambat, joget balon, lari kelereng, dan memasukkan paku ke dalam botol.

Berakhirnya Karnaval Ceria ini ditandai saat dilaksanakannya malam ramah tamah di pelataran KUD Mattirowalie Desa Kanrung yang dihadiri oleh puluhan masyarakat, Minggu (20/08/2023) malam.

Ketua Karang Taruna Desa Kanrung, Muhammad Fauzi dalam sambutannya berharap agar ajang ini dapat membangun semangat kekeluargaan di tengah masyarakat dalam momentum peringatan HUT RI Ke-78.

Dirinya mengaku bangga atas terselenggaranya acara tersebut, meskipun perencanaan dan persiapannya terbilang sangat singkat.

“Alhamdulillah kita bisa menyukseskan acara ini walaupun dengan segala keterbatasannya. Mudah-mudahan ini akan menjadi awal untuk terus meningkatkan rasa kebersamaan di perayaan HUT RI tahun ini,” ucapnya.

Sementara, Sekretaris Desa Kanrung Bachtiar Hamid saat menutup Karnaval Ceria mengaku bangga dengan solidaritas yang ditunjukkan para pemuda di desanya.

“Tentu kami bangga melihat semangat dari teman-teman pemuda yang ada di Desa Kanrung. Insya Allah, pemerintah desa akan terus mendorong setiap kegiatan seperti ini ke depannya,” tuturnya.

Setelah acara ditutup secara resmi, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba di setiap kategori dan diselingi dengan hiburan seperti nyanyi solo dan pementasan musikalisasi puisi oleh pemuda-pemudi Desa Kanrung.

BACA JUGA: Dua ‘Bocah’ Penjual Konten Porno Sesama Jenis Diringkus Polisi

Sebelumnya, Karnaval Ceria dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Kanrung, Muh. Amir Abdullah pada Sabtu (19/08) siang.

Saat penutupan berlangsung, turut hadir perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kanrung Muh. Asbar, Kepala Dusun Salohe Jusmin Amin, serta puluhan masyarakat, serta mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar. (Bc)