oleh

Kasubag Perencanaan Pemkab Sinjai Bimtek Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi ASB, Fungsinya?

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Selama dua hari, para Kepala Sub Bagian Perencanaan lingkup Pemkab Sinjai mengikuti, Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Informasi Analisis Standar Belanja (ASB) di Aula Pertemuan BKPSDMA Sinjai.

Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek ini, menggandeng Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik (PSEKP) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang diketuai Boyke Rudy Purnomo.

Boyke Rudy Purnomo menjelaskan Aplikasi Sistem Manajemen Informasi Analisis Standar Belanja (ASB) sendiri berfungsi untuk memastikan kewajaran belanja daerah sesuai dengan indikator kinerja, output capaian yang akan dihasilkan, dan standar harga kerja yang berlaku.

Baca Juga: Bupati Sinjai Sampaikan Ini di Wisuda Tahfizh Alquran Yayasan Pendidikan Al Furqan

“Jadi aplikasinya akan digunakan dan di input oleh masing-masing OPD pada bagian perencanaan sehingga muncul tampilan yang memastikan apa yang di input adalah kegiatan yang berorientasi dengan kinerja OPD dan angkanya sudah terstandarisasi kewajarannya”, jelasnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Kesra Setdakab Sinjai, Dr. Hj. Nikmat Baddare Situru yang hadir membuka acara secara resmi mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah bekerjasama dengan PSEKP UGM.

Menurutnya, melalui ASB ini kita dapat melihat efektivitas, efisiensi, dan prioritas anggaran.

“Penyusunan anggaran dengan ASB merupakan salah satu perhatian KPK dalam upaya pencegahan korupsi dalam hal penganggaran yang sering disampaikan kepada kabupaten/kota. Sehingga Sinjai siap menindaklanjuti dengan penyusunan Peraturan Bupati”, jelasnya.

Baca Juga: Usai Ujian, SDN 3 Balangnipa Ikuti Porseni Antar Kelas

Ia berharap melalui ASB ini, pada Tahun 2021 mendatang tidak ada lagi perbedaan interpretasi dalam penyusunan anggaran.

Bimtek ini turut dihadiri Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Sinjai, Muh Saleh. Ia menjelaskan, Bimtek tersebut bertujuan untuk memberi pemahaman kepada para penanggung jawab perencanaan dalam mengoperasionalkan aplikasi perencanaan penyusunan anggaran dengan PSEKP UGM Yogyakarta. (Aswd)

Editor/Andis

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU