oleh

Kearifan Lokal Budaya Tradisional “Mappadekko” dilombakan di HUT ke 72.

Kabar Sinjai – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-72, panitia penyelenggara HUT RI ke-72 dalam hal ini seksi kesenian yang dikordinatori oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai menggelar festival kesenian dan permainan tradisional, salah satunya adalah lomba mappadekko yang berlangsung di Benteng Balangnipa, Sinjai, Rabu (09/08).

Kepala Disparbud Sinjai, Yuhadi Samad, yang membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa lomba mappadekko ini dimaksudkan untuk melestarikan seni tradisional yang hampir punah serta untuk memotivasi para seniman tradisional untuk tetap memelihara seni tradisional padekko.

Mappadekko atau mappadendang yang merupakan budaya leluhur biasa dilakukan setelah panen berhasil. Namun sangat disayangkan lomba mappaddekko ini minim peserta, hanya diikuti oleh Kecamatan Sinjai Utara dan Kecamatan Bulupoddo.

Menanggapi hal tersebut, Yuhadi Samad berharap kedepannya lomba mappadekko ini bisa lebih semarak lagi terutama bagi pemuda/i sebagai generasi penerus bangsa, harus mengetahui warisan budaya leluhur kita.

“ jangan sampai mappadekko atau mappadendang ini punah, jadi kita berharap sanggar seni dan pemerhati budaya yang ada disetiap kecamatan dapat lebih aktif lagi untuk melestarikan budaya-budaya tradisional kita ”, Ujarnya.

Pemenang lomba selanjutnya akan mengikuti lomba mappaddekko di Kabupaten Pinrang pada akhir Agustus mendatang.

Selain lomba mappadekko, di hari yang sama Seksi Kesenian panitia penyelenggara HUT RI ke 72 Sinjai di juga menggelar Lomba Mallongga tingkat Sekolah Dasar (SD) yang berlangsung di Lapangan Gelora Massa Balangnipa. (Irw)

 

Komentar Facebook

BERITA TERBARU