oleh

Kecamatan Bulupoddo Kembali Capai Pelunasan PBB-P2 Sebelum Jatuh Tempo, Ini Tips Dari Camatnya

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Kecamatan Bulupoddo, pantas mendapatkan apresiasi sebagai panutan pajak karena telah menyelesaikan pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tercepat dalam empat tahun berturut-turut di Kabupaten Sinjai.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi (Rakor) bidang pemerintahan yang digelar Pemkab Sinjai di ruang Pola kantor Bupati Sinjai, Selasa (29/10/19)

Tidak tanggung-tanggung, realisasi pelunasan PBB-P2 di Kecamatan yang dipimpin Hj. Andi Hariyani Rasyid, ini mencapai 100 persen sebelum jatuh tempo tanggal 29 November.

Lihat juga: Raih Opini WTP, Pemkab Sinjai Terima Penghargaan LKPD dari Kemenkeu RI

Capaian tersebut pun mendapat apresiasi dari sejumlah pejabat yang hadir dalam rakor bidang pemerintahan, seperti Asisten Administrasi Pemerintahan Dr. Muhlis Isma dan Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra Setdakab Sinjai dr. Hj. Nikmat B Situru serta Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Asdar Amal Darmawan.

Selain itu juga diapresiasi oleh Forkopimda yang terdiri dari Kajari, Dandim dan Wakapolres Sinjai yang turut hadir dalam rakor bidang pemerintahan tersebut.

Data yang diperoleh, untuk tahun ini dari 22.179 wajib pungut, total pemasukan pajak di sektor PBB-P2 sebesar Rp.339 juta lebih di 7 Desa yang ada di Kecamatan Bulupoddo.

Camat Bulupoddo, Hj. Andi Haryani Rasyid, yang ditemui mengungkapkan, pelunasan PBB-P2 yang telah mencapai 100 persen tersebut tidak lepas dari keterlibatan semua pihak.

Lihat juga: Kebakaran Rumah di Sinjai Borong, 100 Kg Cengkih Basah Ikut Hangus Terbakar

Termasuk bagaimana agar terus mendorong seluruh pihak maupun wajib pajak untuk membayar kewajiban tepat waktu.

“Kami melakukan pendekatan secara kekeluargaan antara Kepala Desa, Sekdes dan Kolektor. Selain itu, setiap ada pengurusan di kantor camat mewajibkan masyarakat untuk melampirkan PBB-P2 tahun berjalan”, ujarnya.

Cara lain mewujudkan pelunasan PBB-P2 tepat waktu adalah memanfaatkan moment pertemuan untuk selalu mengimbau dan mengingatkan untuk membayar pajak sekaligus memberi pemahaman akan pentingnya pajak dalam pembangunan daerah.

Sekedar diketahui realisasi PBB-P2 tahun 2019 dari data Bapenda Sinjai saat ini telah mencapai Rp. 4,2 miliar lebih dari target Rp. 4,6 Miliar. (Adi)

Editor/Ayu

Komentar Facebook

BERITA TERBARU