oleh

Kejari Sinjai Musnahkan Barang Bukti Sabu Hingga Kasus Penganiayaan, Berikut Daftarnya

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Kejaksaan negeri (Kejari) Sinjai kembali melaksanakan pemusnahan barang bukti yang telah mempunyai kekuatan hukum atau inkracht, Selasa (14/12/2021)

Pemusnahan barang bukti yang berlangsung di halaman parkir belakang Kejari Sinjai ini disaksikan Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong, Forkopimda serta Kadis Pendidikan Andi Jefrianto Asapa dan perwakilan Dinas Kesehatan Sinjai.

Barang bukti yang dimusnahkan, diantaranya Narkotika jenis sabu seberat 6,76 gram dan ganja, linggis, parang dan balok kayu dari kasus tindak pidana penganiayaan.

Selain itu baju barang bukti lainnya seperti celana dan plastik bening, pipet serta pirex dari total kasus yang inkracht sebanyak 16 kasus sepanjang tahun 2021.

BACA JUGA: Brilian, Sekolah di Sinjai Cetuskan Program Inovatif ‘Menabung Untuk Berbagi’, Begini Maksudnya!

“Jadi ini pemusnahan barang bukti yang kedua kali kita lakukan tahun ini, mulai dari kasus Narkoba hingga kasus penganiayaan,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sinjai, Ajie Prasetya.

Pemusnahan barang bukti kata Ajie, adalah tugas pokok dan fungsi kejaksaan yang diatur pada pasal 274 Undang-undang Tindak Pidana dan pasal 30 ayat 1 huruf D Undang-undang nomor 16 tahun 2004 tentang kejaksaan bahwa kejaksaan agung dalam hal ini Kejari berwenang melaksanakan putusan pengadilan yang telah melalui proses dan mekanisme.

BACA JUGA: Waspada! Penyakit Rabies di Sinjai Ada yang Telan Korban

“Ini agar supaya barang bukti tidak hilang ataupun tidak disalahgunakan, sekaligus mengurangi penumpukan barang bukti,” tambahnya.

Pemusnahan barang bukti ini dilakukan dengan cara dibakar. Untuk barang bukti sabu dilarutkan kedalam air panas. (Ay)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU