Kejurda Atletik Tingkat Pelajar SMP dan SMA di Sinjai Mulai Dihelat, Ini Harapan Pj Bupati

KABARSINJAI – Kejuaraan Atletik Tingkat Pelajar SMP dan SMA Sederajat Se-Kabupaten Sinjai mulai dihelat, Senin (06/05/2024).

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pendidikan dengan bekerjasama Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sinjai itu dibuka oleh Pj Bupati Sinjai, T R Fahsul Falah di Stadion H. Andi Bintang Sinjai.

“Ini merupakan ajang pembinaan sumber daya manusia di bidang olahraga untuk melahitkan bibit atlet berkualitas yang dapat dikembangkan dan nantinya bisa mewakili Sinjai di ajang tingkat Propinsi,  Nasional bahkan hingga Internasional’, Kata Pj Bupati Sinjai dalam sambutannya.

Ia berharap Kejurda ini bisa menjadi ajang pembinaan untuk melahirkan bibit-bbit atlet yang berprestasi yang bisa mengharumkab nama Sinjai di ajang yang lebih besar lagi.

Menurutnya,  dalam melakukan pembinaan ada perubahan yang bisa menjadi tolak ukur dan memiliki tiga kompetensi dasar yaitu skill (keterampilan),  attitude (sikap) dan knowledge (pengetahuan).

“Sehebat apapun dan setinggi apapun prestasi yang dimiliki oleh seorang atlet tudak ada gunanya jika tidak nemiliki 3 kompetensi tersebut,” tandasnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Dr Andi Ilham Nur dalam laporannya mengatakan selain sebagai rangkaian untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024, kejuaraa  ini juga beetujuan  untuk menjalin persahabatan dan keakraban angar pelajar.

Sebagai persiapan PASI Sinjai menuju Porprov ke XVIII di Kabupaten Wajo pada tahun 2024 serta untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024.

Jumlah peserta yang ikut dalam Kejurda ini terdiri atas satuan SMP/sederajat sebanyak 310 pesrrta dan SMA/ sederajat sebanyak 147 peserta.

“Adapun cabor yang diperlombakan yakni lari 100 meter, 400 meter,  1500 meter dan lari 5000 meter.  Kemudian lompat jauh,  lompat tinggi,  lempar cakram dan tolak peluru,” sebutnya.

Pembukaan Kejurda yang berlangsung hingga tanggal 8 Mei 2024 ini turut dihadiri oleh Sekretaris Umum PASI Propinsi Sulsel Ilham Munir,  Ketua KONI Sinjai Suhardiman,  Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Irwan Suaib, perwakilan Dispora Sinjai,  para Kepala Sekolah SMP dan SMA se-Kabupaten Sinjai. (**)

Komentar