oleh

Kembalikan Fungsi Pasar, Pemkab Sinjai Tertibkan PKL

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) dan ESDM melakukan penertiban bagi pedagang kaki lima (PKL).

Penertiban tersebut dilakukan kepada PKL yang berjualan di area parkiran dan trotoar Pasar Sentral Sinjai bagian bawah, Jalan Gunung Bawakaraeng Kecamatan Sinjai Utara. Rabu pagi, (21/07/2021)

Ditemui saat penertiban berlangsung, Kepala Disperindag dan ESDM Sinjai Muh. Saleh menjelaskan, penertiban ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi setiap fasilitas yang ada di pasar.

“Kondisi pasar kita ini sudah sembrawut, kemudian terkesan kotor dan tidak teratur. Jadi kita lakukan penertiban,” ujarnya.

BACA JUGA: Kenang Para Pahlawan, Kejari Sinjai Ziarah di TMP Mangottong

Menurutnya, mereka (PKL-red) sebenarnya memiliki tempat, cuma tidak dimanfaatkan untuk berjualan dan sebagian besar PKL memilih menjajakan dagangannya dengan menggunakan trotoar dan parkiran.

“Mereka ingin lebih dekat di area jalan untuk mendapatkan pembeli yang banyak. Di sini sekitar 50 pedagang yang berjualan kita tertibkan agar fungsi pasar bisa kembali lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Anita salah seorang pedagang es buah yang ditemui mengatakan bahwa dirinya berjualan di area trotoar terpaksa dilakukannya untuk mendulang banyak pembeli.

BACA JUGA: Komunitas ‘Gudang Team’ Sumbang Kambing ke Panti Asuhan

“Kita taumi kondisi sekarang pak. Mudah-mudahan nantinya setelah ini, pemerintah menyiapkan tempat buat kami untuk bisa berjualan lagi,” harapnya.

Pantauan media, penertiban berlangsung lancar dan pemilik lapak tampak membongkar sendiri tempat jualannya dan dibantu petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Disperindag Sinjai. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU