Kemenkes Bawa Oleh-oleh dari Pusat, Pemkab Sinjai Sambut Positif

KABARSINJAI – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan menyambangi Kabupaten Sinjai.

Kedatangan tim Direktorat Penyedia Tenaga Kesehatan, dr. Ita Dahlia untuk melakukan sosialisasi program Tugas Belajar dan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK).

Kegiatan ini dibuka Kadis Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik dan berlangsung di ruang pertemuan lantai 2 RSUD Sinjai, Kamis (3/8/2023).

Tim Direktorat Penyedia Tenaga Kesehatan, dr. Ita Dahlia mengatakan, program ini merupakan terobosan transformasi kesehatan yang didalamnya fokus pada peningkatan kualifikasi dan pemberian bantuan biaya kepada SDMK baik tenaga medis, tenaga kesehatan dan tenaga penunjang lainnya.

BACA JUGA: Waduh! Dua Oknum Anggota DPRD Sinjai Aktif Diciduk Polisi Gegara Narkoba

“Jadi kami dari pusat membawa oleh-oleh, yakni program peningkatan kualifikasi dalam hal ini pemberian bantuan biaya atau yang kita kenal dengan beasiswa untuk tenaga kesehatan,” pungkasnya.

Tujuannya untuk memberikan pemahaman tentang batas usia maksimal pemberian tugas belajar bagi tenaga kesehatan. Termasuk tata laksana seleksi administrasi dan verifikasi calon peserta tugas belajar melalui sistem informasi online.

Terpisah, Kadis Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik mengaku menyambut baik program ini. Menurutnya program ini sejalan dengan peningkatan kualitas pelayanan, sebab salah satu komponen yang penting dalam pembangunan derajat kesehatan masyarakat adalah peningkatan pelayanan yang berkualitas.

Apalagi program ini memberikan bantuan biaya pendidikan SDMK bagi tenaga kesehatan dan tenaga penunjang kesehatan lainnya.
“Untuk petugas kesehatan dan penunjang lainnya, jangan sia-siakan kesempatan ini,” ucapnya.

Dia berharap melalui program tugas belajar bagi tenaga kesehatan dan SDMK ini dapat meningkatkan kualitas SDM sesuai kompetensi yang diharapkan dalam mendukung kebutuhan pembangunan kesehatan sehingga dengan pelayanan kesehatan yang baik akhirnya masyarakat pasti akan diuntungkan.

BACA JUGA: Bupati ASA Pimpin Rapat Persiapan Verlap Kabupaten Sehat 2023

“Dengan itu peningkatan kualitas SDMK maka pelayanan kita juga akan semakin baik, akan semakin bermutu, dan berkualitas karena layanan yang digerakkan oleh SDM yang berkualitas tentu mutunya akan semakin lebih baik,” jelasnya.

Sosialisasi program Tugas Belajar dan SDMK tersebut turut dihadiri Direktur RSUD Sinjai, dr. Kahar Anies, perwakilan BKPSDMA Sinjai, serta dihadiri kepala Puskesmas se-kabupaten Sinjai. (AC)