Kemenpan RB Ukur Maturitas Capaian Kemajuan Penerapan SPBE Kabupaten Sinjai

KABARSINJAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menjalani Penilaian Interviu Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Penilaian secara daring dalam rangka mengukur maturitas penerapan SPBE itu, berlangsung di ruang Command Center Sinjai, Senin (18/9) siang, dan diikuti Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa didampingi Kadis Kominfo dan Persandian (Diskominfosandi) Sinjai, Dr. Mansyur.

Kadis Kominfosandi Sinjai, Dr. Mansyur mengatakan, penilaian Interviu evaluasi SPBE merupakan tahap kedua yang sebelumnya diawali dengan penilaian mandiri beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Mansyur, bahwa kegiatan ini adalah proses klarifikasi dan validasi Asesor Eksternal terhadap bukti dukung yang disampaikan ke Kemenpan RB.

BACA JUGA: Pelantikan Pengurus PMI Kecamatan, Bupati ASA Minta Penguatan Kolaborasi Tetap Diperhatikan

“Penilaian interview ini mencocokkan data yang kita sampaikan. Jadi data yang sudah kita upload atau sampaikan dicek kembali oleh tim dari Menpan-RB,” pungkasnya.

Menurutnya, ada sebanyak 47 indikator penilaian yang telah disampaikan melalui penilaian mandiri. Data itulah yang kemudian mendapat masukan perbaikan dalam mengukur capaian kemajuan penerapan SPBE di Kabupaten Sinjai.

Mantan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sinjai, ini berharap penilaian Interviu evaluasi tersebut dapat meningkatkan penerapan SPBE yang sebelumnya di tahun 2022 lalu mendapat nilai indeks 2,7. Sementara untuk hasil penilaian mandiri mendapatkan nilai indeks 3,6.

“Alhamdulillah untuk penilaian mandiri kita diangka indeks 3,6. Mudah-mudahan ini bisa kita pertahankan dan 47 indikator yang sudah kita sampaikan bisa meningkatkan hasil dari penilaian hari ini,” harapnya.

BACA JUGA: Jadwal PSM Makassar di Liga 1 Berubah, Hasil Penyesuaian AFC Cup

Penilaian Interviu evaluasi SPBE 2023 turut dihadiri para Asisten, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Sinjai, serta para Kabag Setdakab Sinjai. (AC)