oleh

Kementerian ESDM Resmikan PLTMH di Desa Batu Belerang

KABARSINJAI.COM – Bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Kapasitas 35 KW dari Kementrian ESDM, yang terletak di Dusun Mattiro Tasi Desa Batu Belerang Kecamatan Sinjai Borong, akhirnya diresmikan, Sabtu (12/5/2018).

PLTMH yang di prakarsai Anggota DPR RI Komisi VII Fraksi PAN, Andi Yuliani Paris tersebut diresmikan Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementrian ESDM, Noor Arifin Muhammad secara simbolis.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sinjai, H. Andi Fajar Yanwar dalam sambutannya menuturkan listrik merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, oleh karena itu pemerintah sangat fokus untuk mengembangkan dan melakukan pembangunan pembangkit listrik khususnya Energi baru terbarukan baik skala besar maupun skala kecil.

“Hal ini dilakukan selain meneruskan program bapak Presiden yakni Pembangunan listrik sebesar 35.000 mega watt juga dalam rangka mengurangi pemanfaatan bahan bakar minyak yang bersumber dari fosil yang tidak dapat diperbaharui serta cadangannya semakin menipis,” pungkasnya.

Fajar menambahkan, data base ketenagalistrikan rasio eletrifikasi di Kabupaten Sinjai telah mencapai lebih 80 Persen, baik itu pemenuhan listrik jaringan PLN maupun pemanfaatan energi terbarukan, namun Fajar tidak menepis jika masih ada saja sebagian daerah di Kabupaten Sinjai yang belum teraliri Listrik seperti desa dan dusun yang berada di pegunungan karena sulitnya medan jalan untuk pembangunan jaringan listrik PLN.

Sementara itu Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE Kementrian ESDM, Noor Arifin Muhammad, menyampaikan rasa syukur dengan adanya listrik di mattiro tasi bisa membawa perubahan untuk masyarakat setempat.

“Semoga Pembangkit yang diresmikan ini bisa dirawat oleh penduduk setempat dan sekitar agar penggunaannya juga panjang,” tandasnya.

Hal senada disampaikan, Anggota DPR RI Komisi VII Fraksi PAN, Andi Yuliani Paris Andi Yuliani Paris yang berharap PLTMH ini dapat dirawat dengan baik. Ia juga mengajak untuk menjaga lingkungan dan kelestarian hutan yang menjadi sumber utama dalam mengoperasikan PLTMH, yakni air.

” Mari jaga lingkungan dan kelestarian hutan kita dimana tempatnya air, kalau tidak air kan hidroliknya tidak bisa bekerja, otomatis listriknya tidak ada,” tandas Andi Yuliani Paris.

Peresmian PLTMH ini juga ditandai dengan pengguntingan pita, dan penandatanganan Prasasti disaksikan unsur Forkopimda, para Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian, Camat serta masyarakat setempat. (Mirza)

Editor.  : Riswan

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU