Kepala Bapenda Sinjai Sosialisasikan Pembayaran Pajak Melalui Pemanfaatan MPOS Warung dan Restoran

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Pemasangan alat perekaman transaksi pembayaran atau Perangkat Mobile Payment Online Sistem (MPOS) yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sinjai di rumah makan atau restoran terus di sosialisasikan.

Kali ini dihadapan ratusan Guru, Kepala Sekolah (Kepsek) maupun Operator dan Bendahara Dana Bos, Selasa (17/09) di Gedung Pertemuan Sinjai.

Melalui Warkshop Rencana Kerja Anggaran (RKA) tahun 2020 yang digelar oleh Dinas Pendidikan Sinjai ini, Kepala Bapenda, Asdar Amal Darmawan berkesempatan menjelaskan soal penerapan MPOS tersebut.

Dimana menurutnya hal ini sebagai upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan pajak atau pendapatan daerah.

“Jadi Penerapan pajak online ini adalah salah satu upaya optimalisasi pendapatan daerah dari pajak makanan dan minuman”, ujarnya.

Lihat juga: Penugasan Khusus Berakhir, Belasan Tenaga Kesehatan Program NSI Mulai Meninggalkan Sinjai

Dikatakan pada saat konsumen melakukan pembayaran ke kasir, akan muncul langsung jumlah pajak yang harus dibayarkan di rumah makan / restoran tersebut. 

“Dengan begini kita bisa tahu langsung, berapa jumlah pemasukan dari usaha rumah makan tersebut, dan jumlah pajak yang harus dibayarkan ke pelanggan”. Terangnya.

Dihadapan mereka, Asdar menjelaskan bahwa penerapan sistem pajak ini sesuai dengan undang-undang, pajak PPN dan PPH sebanyak 10 persen dari konsumen. 

Oleh karena itu, sebagai pemerintah daerah berharap kepada seluruh pewarung yang telah menggunakan prangkat transaksi pembayaran secara on line ini dapat bekerjasama dan tertib dalam pembayaran pajak.

“Kepada para guru, kepala sekolah maupun yang lainnya yang hadir diwarkshop ini agar meminta bukti tarnsaksi pembayaran melalui prangkat tersebut setelah makan diwarung atau direstoran”, Harapnya.

Sejak pemasangan tahap pertama beberapa bulan lalu, PAD dari sektor tersebut terbilang meningkat signifikan.

Kini, baru 21 buah Rumah Makan/restoran yang ada di Sinjai telah dipasangi perangkat MPOS, kedepan jumlahnya akan bertambah. Optimalisasi pajak daerah melalui pemanfaatan MPOS ini juga sangat direspon oleh Bupati Sinjai.

“Terimakasih kepada Plt Kadis Pendidikan Sinjai atas kesempatan bersosialisasi. Hal ini merupakan sebagai bagian dari sosialisasi pemanfaatan alat perekam transaksi online yang terkoneksi, sebagai tindak lanjut kerjasama dan pembinaan dari KORSUPGAH KPK RI”, Pungkasnya. (**)

Editor / Bahar