oleh

Kepala BKPSDMA Sinjai: Sistem Ranking Tes SKD CPNS Diberlakukan

KABARSINJAI.COM, Makassar, – Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang tidak memenuhi Passing Grade (PG) pada Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018, kembali memiliki peluang besar untuk melanjutkan seleksi ke tahap selanjutnya.

Pasalnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi memberlakukan Sistem Ranking hasil tes CPNS 2018. Sistem Ranking CPNS ini digunakan sebagai alternatif kriteria kelulusan tes SKD CPNS 2018 yang banyak tidak lulus dari nilai yang telah ditentukan.

Baca Juga: Dari 1.076 Peserta Tes CPNS Sinjai di Hari Pertama, Hanya 5 yang Memenuhi Passing Grade

“Iya, sistem ranking resmi diberlakukan bagi peserta CPNS yang tidak lulus Passing Grade,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (BKPSDMA) Kabupaten Sinjai Haerani Dahlan saat dikonfirmasi, Kamis (22/11/18).

Dengan terbitnya aturan terbaru ini, kata Haerani, maka pemerintah daerah akan mengikuti ketentuan yang diatur dalam Permen 61 tahun 2018 PAN-RB terbaru tersebut.

“Kita akan tetap berpatokan dengan aturan yang dibuat pemerintah (pusat). Kita harus mengikutinya,” jelasnya saat ditemui awak media, di Kantor BKN Regional Wilayah IV Makassar.

Bagi pelamar yang sudah mengikuti ujian dan memiliki nilai tinggi tapi tidak lulus passing grade, Haerani berharap jangan berkecil hati dulu masih ada peluang untuk ikut tes selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang karena dilakukan sistem rangking.

Baca Juga: Hari Kedua Tes SKD, Ini Jumlah Peserta CPNS Sinjai yang Memenuhi Passing Grade

Meski demikian, mantan Kabag Organisasi Setdakab Sinjai ini, enggan membeberkan mekanisme sistem ranking CPNS tersebut. Ia meminta CPNS Sinjai, agar tetap bersabar sampai pertemuan teknis terkait sistem ranking ini digelar oleh BKN.

“Tetap bersabar, dan silahkan baca dulu Permen 61 tahun 2018, sampai pertemuan teknis digelar, pasti akan kita sampaikan info selanjutnya,” tandasnya.

Diketahui, jumlah CPNS Sinjai yang mengikuti ujian SKD selama 3 hari dari tanggal 20-22 November 2018 di Kantor BKN Regional Wilayah IV Makassar, diikuti kurang lebih 5.625 peserta. (Adi)

Editor/Riswan.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU