Kepala Sub Bagian Asisten Deputi Olahraga Rekreasi dan Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Resmi Tutup Gala Desa Tingkat Kabupaten Sinjai Tahun 2017

Kabarsinjai.com – Program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI), “Ayo Olahraga” yang dikemas dalam Gala Desa 2017 telah dilaksanakan seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Sinjai yang berjalan selama dua pekan mulai 20 Oktober-05 November 2017, resmi ditutup oleh Kepala Sub Bagian pada Asisten Deputi Olahraga Rekreasi dan Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI.

Mengakhiri rangkaian Gala Desa, Minggu (05/11) digelar final sepak bola antara Desa/Kelurahan Khatulistiwa Fc, Desa Saotengah Sinjai Tengah vs Aska Utama, Desa Aska Sinjai Selatan. Dimenangkan Aska Utama, Desa Aska Sinjai Selatan drama adu penalti setelah skor imbang 0-0  yang dilaksanakan di lapangan Lappadata, Kelurahan Samaenre Sinjai Tengah.

Ketua Panitia Pelaksana Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kabupaten Sinjai, Drs. H. M. Yassin Amin dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) melalui kebijakan revolusi mental dan pembangunan mulai dari tingkat desa, terluar/terdepan.

“Kegiatan ini untuk menjadikan masyarakat sehat dan bugar, dan untuk menciptakan ketahanan sosial mulai persaudaraan, sportivitas, disiplin, dan karakter yang tangguh serta menggali potensi/bakat olahraga yang berasal dari desa/kelurahan untuk dikembangkan ditingkat nasional dan internasional,” ungkpanya.

Dalam sambutannya Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya menyampaikan kepada seluruh masyarakat kabupaten Sinjai, terkhusus kepada eksponen pemuda dan insan olahraga untuk memanfaatkan momentum ini, membudayakan serta meningkatkan prestasi olahraga.

“Hasil pertandingan Gala Desa ini merupakan tolak ukur kemampuan tim masing-masing. Satu hal yang wajar dalam pertandingan menang dan kalah, yang terpenting dalam Gala Desa ini adalah bagaimana para atlet mampu mendapatkan pengalaman berharga yang sangat bermanfaat dalam memajukan tim dan kelangsungan prestasi dimasa-masa mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Sub Bagian pada Asisten Deputi Olahraga Rekreasi dan Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Hasbullah Tahir mengaku sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat serta para pemuda di kabupaten Sinjai yang telah mensukseskan kegiatan Gala Desa.

“Potensi para pemuda di Sinjai sangat besar hanya sayang, sarana dan prasarana seperti yang terlihat di Lapangan ini tidak cukup baik untuk digunakan dalam bertanding, karena bola tidak mengalir dengan baik sehingga para pemain kewalahan untuk mendribel bola  untuk menampilkan performa mereka,” ujarnya.

Dalam Gala Desa tahun 2017 di kabupaten Sinjai, mempertandingkan 6 cabang olahraga (cabor) yang dilaksanakan di 4 kecamatan yakni, Bulutangkis, Tenis Meja, dan Atletik dilaksanakan di kecamatan Sinjai Utara, Sepak Takrow di kecamatan Sinjai Timur, Bola Volly di kecamatan Sinjai Selatan dan Sepak Bola di kecamatan Sinjai Tengah.

Turut hadir Wakil Bupati Sinjai, Ketua DPRD Sinjai, Forkopimda, para Asisten Setdakab Sinjai, para Kabag, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta para Camat dan para Kepala Desa/Kelurahan se kabupaten Sinjai. (*)

Editor   : A. Mirza.